Bukan Bali! Raja Ampat Ternyata Dinobatkan Jadi Tempat Wajib Kunjung di Asia

Bukan Bali! Raja Ampat Ternyata Dinobatkan Jadi Tempat Wajib Kunjung di Asia
info gambar utama

Kalau boleh mengatakan ini, sepertinya hampir setiap orang di dunia ingin merasakan sensasi surga dunia di Bali. Benar atau betul? Di tengah pandemi, di tengah kejenuhan terkungkung di dalam rumah, hasrat ingin segera berlibur meningkat, membuat mereka segera menuliskan daftar tempat wisata yang ingin mereka kunjungi setelah pandemi ini berakhir.

Tak heran kalau Bali masuk dalam daftar. Terbukti dengan beberapa data yang GNFI temukan. Seperti Ubud, Bali dinobatkan sebagai The Best Cities in the World to Visit dalam daftar World’s Best 2020 yang dirilis oleh Travel+Leisure, salah satu media publikasi wisata dunia dari Amerika Serikat.

Lalu ada pula salah satu agen wisata internasional, Tourlane, menyebutkan bahwa, ‘’Bali is World’s Most Instragammed Island’’. Sedikitnya tagar Bali (#Bali) maupun mention Bali di Instagram telah mencapai 60.473.066 kali. Angka yang sangat besar! Bali juga disebut sebagai tempat paling populer keempat di dunia versi TripAdvisor.

Namun siapa sangka kalau ternyata Raja Ampat tak luput dari mata para wisatawan mancanegara. Bahkan salah satu portal sumber wisatawan sedunia, Fodor’s Travel, menobatkan Raja Ampat sebagai tempat yang wajib dikunjungi di Asia tahun 2020. Dalam daftar yang disebut Fodor’s Go-List Asia 2020 tersebut, Bali tidak masuk dalam deretan negara-negara Asia yang wajib dikunjungi.

Keindahan Raja Ampat
info gambar

‘’Kami belum siap untuk ‘pindah’ dari Bali tercinta. Namun, jauh di timur Indonesia, di Papua Barat (empat jam penerbangan dari Jakarta), pulau-pulau Raja Ampat bisa menjadi alasan yang baik untuk para pelancong mengarahkan pandangan mereka lebih jauh dan menjajal Segitiga Terumbu Karang,’’ begitu tulis Terry Ward, salah satu penasihat wisata dari Fodor’s Travel.

Ward mendeskripsikan bahwa para pelancong akan disughui perairan biru kehijauan yang begitu terang sehingga tampak seperti diterangi dari bawah. Ward juga menjelaskan bahwa salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan kala mengunjungi Raja Ampat adalah keindahan terumbu karang yang terlihat jelas.

‘’Bahkan jika Anda tidak bersertifikat (penyelam) scuba, terumbu karang yang menghiasi sebagian besar pulau di sini dapat dinikmati di batas kedalaman snorkelling.’’

‘’Pulau-pulau di sana dapat diakses oleh non-penyelam yang datang untuk snorkelling dengan hiu, paus, dan manta, serta menyelami budaya lokal di desa-desa Papua yang tersembunyi di sepanjang jalan,’’ tulis Ward.

Pemandangan Bawah Laut Raja Ampat
info gambar

Pemandangan bawah laut Raja Ampat memang menjadi salah satu hal yang paling utama dinikmati. Pasalnya, bagi para penggemar bawah air, wilayah di dalam Kepulauan Empat Raja ini merupakan rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska. Kekayaan Raja Ampah ini juga yang menjadikan Raja Ampat sebagai rumah terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia.

Jadi, setelah pandemi ini berakhir, masukkan Raja Ampat dalam daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, ya. Kalau sudah soal pemandangan bawah laut, GNFI yakin Indonesia, melalui Raja Ampat pantas jadi juaranya.

Dalam laman Fodor’s Travel tersebut, Ward juga memberikan rekomendasi kepada para pelancong dunia bahwa musim kemarau antara Oktober dan April adalah waktu paling tepat untuk bisa mengunjungi Raja Ampat. Bahkan dia pun merekomendasikan beberapa resor dan kapal pinisi yang bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelancong.

Dalam daftar Fodor’s Go-List 2020 Asia, Raja Ampat bersanding dengan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Hoi An (Vietnam), Jaisalmer (India), Luang Prabang (Laos), Macau (China), Tokyo (Jepang), dan Uzbekistan.

Kapal Pinisi Raja Ampat
info gambar

Untuk diketahui, Fodor’s Travel sudah dipercaya selama lebih dari 80 tahun sebagai sumber wisata yang menawarkan beberapa rekomendasi dari para ahli yang tersebar di seluruh dunia. Sedikitnya ada 700 penulis atau ‘’penasihat’’ wisata di dunia yang memberikan panduan tentang tempat-tempat wisata yang wajib kunjung dari seluruh dunia.

Bahkan Fodor’s Travel juga memberikan rekomendasi secara rinci terkait makanan-minuman, anggaran, seni-budaya, hotel, penginapan, transportasi, hingga tips dan trik berwisata di tempat wisata yang mereka rekomendasikan. Tak segan-segan para penasihat ini juga menyebut beberapa nama hotel yang spesifik agar para wisatawan mancanegara nantinya dapat menikmati liburannya dengan maksimal.

Tidak hanya membuat Fodor’s Go-List 2020 Asia, Fodor’s Travel juga membuat Go-List 2020 sesuai dengan region seperti Afrika & The Middle East, Australia & The Pacific, Europe, South Amerika, USA & Canada, serta regional Mexico, Central America, & The Caribbean.

--

Sumber: Fodor's Travel | Indonesia.Travel

--

Baca Juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini