Huawei Mate 40 Pro, Si Penantang iPhone 12 Series

Huawei Mate 40 Pro, Si Penantang iPhone 12 Series
info gambar utama

Kawan GNFI, pandemi Covid-19 nampaknya tak memengaruhi produsen ponsel untuk memberikan produk dari hasil pengembangan yang mereka lakukan. Terbukti, meski masa pandemi masih berlangsung, nyatanya memasuki akhir tahun, dua ponsel papan atas rilis resmi di Indonesia dengan menawarkan performa terbaiknya.

Adalah Huawei Mate 40 Pro yang dirilis pada Selasa (15/12/2020) diklaim memberikan spesifikasi terbaik di kelas flagship. Peluncuran Huawei ini sekaligus menantang iPhone 12 series (iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max) yang juga baru masuk ke Indonesia secara resmi sejak Kamis (18/12), sete;ah sebelumnya membuka pra-pemesanan (pre-order) sepekan sebelumnya (11/12).

Khusus untuk iPhone 12 series, ini tentunya menjadi kabar baik bagi pencinta produk iPhone di Indonesia bahwa kehadirannya lebih cepat dari yang diprediksi oleh para pengamat--yang memprediksi baru pada Januari 2021 akan tersedia resmi, dan menjadi rekor tersendiri bagi pabrikan asal AS itu. Karena lazimnya, sejak diluncurkan resmi secara global, butuh 3 bulan untuk mendarat di Indonesia, tapi nyatanya untuk iPhone anyar ini prediksi itu meleset.

Berbeda dengan iPhone yang memboyong semua varian seri 12 mereka, Huawei Indonesia lebih memilih hanya mendatangkan varian Mate 40 Pro, dengan men-skip varian Mate 40 Pro+.

Meski keduanya berjalan pada sistem operasi dan pasar yang berbeda (Android vs iOS), namun melalui pengkuran performa, kamera, dan durabilitasnya, nampaknya keduanya menyasar pasar serupa dari segmen pengguna ponsel premium.

Nah, bagi kawan GNFI yang mengincar ponsel premium di akhir tahun ini, boleh jadi mempertimbangkan keduanya. Sebagai informasi saja, Huawei Mate 40 Pro dibanderol Rp15,9 juta, sementara iPhone 12 series dilego mulai Rp12,9 juta (iPhone 12 Mini) untuk varian terendah, hingga Rp26,9 juta (iPhone 12 Pro Max) yang merupakan seri tertingginya.

Spesifikasi cipset

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Ponsel-ponsel anyar ini, tentunya telah dibekali dengan modem 5G pada cipsetnya sebagai revolusi jaringan seluler di masa depan.

Huawei membekali Mate 40 Pro dengan prosesor (cipset) kirin 9000 5G, sebuah cipset anyar besutan Huawei yang memiliki performa andal dari fabrikasi 5 nanometer (5 Nm) dengan dukungan memori sistem (RAM) 8 GB. Sementara Apple juga membekali iPhone 12 series dengan cipset mutakhir mereka, yakni Apple A14 Bionic yang juga memiliki fabrikasi 5 Nm dengan dukungan RAM 6 GB.

Cipset anyar Apple ini sekaligus membuat iPhone 12 series sebagai iPhone pertama yang mampu berjalan pada koneksi jaringan 5G.

Soal kelegaan internal memori (ROM) untuk menyimpan foto dan dokumen, iPhone 12 series menyediakan kapasitas mulai dari ROM 128 GB hingga 512 GB, tanpa ketersediaan slot memori eksternal. Sedangkan Mate 40 Pro menyediakan ROM 256 GB hingga 512 GB. Jika kurang, bisa ditambah dengan memori eksternal berjenis nano memory dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Apabila iPhone 12 series berjalan pada sistem operasi (OS) terbaru, yakni iOS 14.2, tak begitu dengan Huawei Mate 40 Pro yang hanya berjalan pada OS Android 10.

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Kita semua tahu, jika sejak Huawei meluncurkan seri Mate 30 Pro series pada November 2019, pihak produsen asal Tiongkok itu tak lagi mendapat dukungan Google Mobile Service (GMS) yang berimbas pada dihentikannya pembaruan OS Android, dan masih terus berlaku hingga saat ini.

Pendek kata, kawan GNFI tak bisa lagi menikmati layanan google service, seperti Gmail, Google Maps, Google Pay, Play Store, hingga layanan berbasis aplikasi semisal Gojek dan Grab, yang saat ini masih mengandalkan peta pemesanan jasa berbasis Google Maps.

Meski begitu, beberapa layanan obrol alias chatting, semisal WhatsApp, Telegram, Line, masih bisa kawan GNFI nikmati, karena semuaya tersedia di toko aplikasi milik Huawei, yakni App Gallery. Begitu pula dengan beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Youtube.

Performa dan baterai

Walau keduanya dibekali dengan cipset berfabrikasi 5 Nm, namun pada pengetesan yang dilakukan GSM Arena nyatanya Huawei Mate 40 Pro lebih unggul dengan skor 686.835. Tapi soal perfoma sektor grafis, nyatanya iPhone 12 series lebih unggul dengan skor 4.240.

Tentunya performa-performa itu juga harus didukung kapasitas baterai yang mumpuni. Dari semua varian iPhone 12 series, seri Pro Max menyediakan kapasitas baterai paling besar yang mencapai 3.687 mAh berjenis lithium ion, sedangkan Huawei Mate 40 Pro ditanamkan baterai berkapasitas 4.400 mAh berjenis lithium polymer.

Baterai ponsel-ponsel itu juga mendukung pengecasan cepat dengan pengisian daya maksimal 20 watt (iPhone 12 series) dan 55 watt (Huawei Mate 40 Pro). Lain itu, keduanya juga bisa untuk pengecasan nirkabel (wireless charging) dengan maksimal daya 15 watt (iPhone 12 series) dan 50 watt (Huawei Mate 40 Pro).

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Kamera

Sekarang kita bicara soal kamera.

Meski saat ini tren kamera ponsel sudah sampai pada level 5 kamera utama, namun keduanya tetap loyal dengan menyediakan 3 kamera utama.

Produk iPhone 12 series--kecuali iPhone 12 mini--dibekali dengan triple kamera beresolusi seragam, yang artinya 3-kamera belakangnya kompak beresolusi 12 megapiksel (MP), dengan kelengkapan beragam fitur seperti wide, ultrawide, telefoto, OIS, EIS, panorama, dan tentunya ToF 3D Lidar Scanner, yang merupakan fitur tercanggih pada kamera iPhone 12 khusus varian Pro Max.

Sementara untuk kamera selfie, ponsel ini dibekali dengan kamera 12 MP sudut lebar yang dilengkapi kemampuan merekam 4K yang didukung fitur stabilisasi video (EIS).

Lalu untuk Huawei Mate 40 Pro, ketiga kamera belakangnya beresolusi 50 MP (wide), 12 MP (periskop telefoto), dan 20 MP (ultrawide), yang juga didukung dengan teknologi laser otofokus, panorama, OIS, EIS, dan 5 kali zoom optik.

Untuk jepretan selfie, Huawei Mate 40 Pro dibekali lensa 13 MP ultrawide dengan dukungan fitur ToF 3D dan panorama, serta mampu merekam hingga resolusi 4K tanpa EIS.

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Dari pengetesan yang dilakukan laman Movil Zona, berikut beberapa perbandingan antara iPhone 12 series dan Huawei Mate 40 Pro.

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Meski sekilas mirip, terlihat dari gambar di atas hasil potret yang dimiliki iPhone 12 series memiliki pencahayaan yang lebih natural (kiri) ketimbang Huawei Mate 40 Pro. Meski memiliki saturasi berlebih (over saturation) pada warna merah dan cyan, namun hasil potret yang dimiliki Huawei Mate 40 Pro lebih ciamik dengan langit yang biru.

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Soal foto dalam ruangan, lagi-lagi iPhone 12 series memiliki hasil yang natural ketimbang Mate 20 Pro. Over saturation yang dihasilkan dari kamera Huawei Mate 40 Pro (kanan) membuat wajah cenderung memerah serta warna rambut yang lebih terang.

iphone 12 pro max vs Huawei Mate 40 Pro
info gambar

Sementara untuk pemotretan malam khusus di luar ruangan, jelas terlihat kembali iPhone 12 series memiliki hasil gambar yang natural (atas), sementara Huawei Mate 40 Pro masih terdegradasi dengan over saturation yang membuat hasilnya lebih benderang ketimbang kompetitornya itu. Tapi soal detail, boleh jadi iPhone rajanya, mengingat fitur ToF 3D Lidar Scanner yang dimilikinya.

Nah kawan, jadi mau pilih yang mana? Meski secara umum keduanya superior, namun kembali lagi soal harga yang menjadi keputusan akhir, kecuali bagi kalian yang menyandang status ''Sultan''.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini