6 Tempat Wisata di Bandung Buka Kembali Per Hari Ini

6 Tempat Wisata di Bandung Buka Kembali Per Hari Ini
info gambar utama

Setelah ditutup sejak libur Lebaran, sejumlah tempat wisata di Bandung, Jawa Barat, mulai dibuka kembali per hari ini, Rabu (2/6/2021). Bagi wisatawan yang ingin liburan ke Bandung, sudah banyak pilihan tempat yang dibuka untuk umum. Namun, Satgas Covid-19 Kota Bandung akan tetap memperkuat pengawasannya di lapangan demi mencegah potensi kerumunan massa.

Jika ingin berlibur bersama teman atau keluarga, jangan lupakan untuk mengikuti protokol kesehatan demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Berikut daftar tempat wisata di Bandung yang mulai di buka hari ini:

Kebun Binatang Bandung

Tempat wisata legendaris di Bandung ini berada di Jalan Kebun Binatang No.6, Lebak Siliwangi, Coblong, dan telah didirikan sejak tahun 1930. Ada beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati pengunjung di Kebun Binatang Bandung seperti taman bermain anak, spot foto menarik, teater satwa, perahu kayuh, perahu, skuter anak, kereta api anak-anak, dan kawasan kuliner.

Kebun Binatang Bandung sendiri memiliki 800 koleksi hewan, ini termasuk mamalia, aves, reptil, dan ikan. Beberapa jenis hewan yang bisa ditemukan antara lain harimau benggala, unta punuk satu, elang ular bido, nuri bayan, nuri kepala hitam, gajah Sumatra, singa, biawak, linsang air, elang bondol, beruang madu, dan orang utan.

Saat ini, tiket masuk Kebun Binatang Bandung adalah Rp50 ribu per orang dan berlaku setiap hari. Anda yang sedang berlibur di Bandung, bisa mengajak keluarga atau anak-anak mengenal hewan secara langsung di sana.

Karang Setra Waterland

Ingin mengajak anak dan keluarga berenang atau bermain air? Anda bisa menuju ke Karang Setra Waterland di Jalan Sirnagalih nomor 15. Kolam renang bersejarah di Bandung ini diresmikan tahun 1954 oleh Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno.

Pada masanya, Karang Setra Waterland merupakan kolam renang pertama di Bandung dengan luas enam hektare dan jadi kolam terluas se-Asia Tenggara.

Sebagai kolam renang untuk rekreasi, ada beberapa wahana menarik untuk dicoba di Karang Setra Waterland, seperti kolam prestasi yang dulu dijadikan tempat pembinaan atlet renang, seluncuran air mencapai 82 dan 86 meter, seluncuran air berbentuk naga sepanjang 15 meter, aqua play atau ember tumpah, water ball atau kolam renang dalam bola, dan kolam pantai.

Saung Angklung Udjo

Salah satu tempat wisata budaya dan edukasi yang menarik di Kota Bandung adalah Saung Angklung Udjo. Tempat ini diinisiasi oleh Udjo Ngalagenaaung dengan konsep Kaulinan Urang Lembur.

Di sana terdapat arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan lokakarya alat musik dari bambu. Lokasi ini juga jadi tempat untuk melestarikan kebudayaan Sunda, khususnya angklung pada masyarakat.

Jika berkunjung ke Saung Angklung Udjo, Anda bisa menyaksikan seni pertunjukkan seperti wayang golek, upacara helaran, tarian tradisional, penampilan angklung orkestra, dan arumba. Tak lupa, Anda pun bisa membeli alat musik bambu tradisional seperti angklung, calung, dan arumba.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

Untuk wisata edukasi dan rekreasi, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution bisa jadi pilihan menarik. Dibangun sejak tahun 1958, taman ini biasanya dikunjungi keluarga atau rombongan sekolah.

Ada berbagai wahana seru yang bisa dinikmati, misalnya kereta api mini, area sepeda mini, panggung hiburan, karosel, kolam renang anak, kolam pancing anak, mobil baterai, kereta motor anak, flying fox,playground, tank baja, berbagai patung, dan mainan jungkat-jungkit.

Tak hanya untuk bermain, Anda juga bisa bersantai di tengah taman ini untuk menghirup udara segar. Dikelilingi sekitar seribu pohon dan taman bunga, Taman Lalu Lintas juga difungsikan sebagai taman kota.

Trans Studio Bandung

Bandung juga punya taman bermain dalam ruangan yang lebih nyaman untuk dikunjungi, yaitu Trans Studio Bandung. Ada banyak wahana yang bisa dicoba, seperti Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Vertigo, Dunia Lain, Negeri Raksasa, Transcar Racing, dan Marvel Superheroes 4D. Selama bermain dalam ruangan, pastinya pengunjung juga akan lebih nyaman karena tak terkena panas dan hujan. Lokasinya pun masih satu area dengan pusat perbelanjaan dan hotel.

Kiara Artha Park

Selain beberapa tempat wisata yang telah lama, Bandung juga punya kawasan wisata baru. Salah satunya ialah Kiara Artha Park. Bernuansa Korea, taman ini digandrungi oleh anak-anak muda yang sedang menggemari hal-hal berbau Korea.

Bila mengunjungi Kiara Artha Park, Anda bisa menikmati beberapa wahana seperti air mancur menari alias dancing fountain, kawasan kuliner khas Korea, juga ada Hansamo atau area belajar kebudayaan Korea termasuk buku, seni, tari, musik, dan kuliner. Anda juga bisa menyewa pakaian tradisional Korea untuk berfoto-foto, serta festival of light.

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini