Melihat Kemegahan 10 Patung Tertinggi di Dunia, GWK Salah Satunya

Melihat Kemegahan 10 Patung Tertinggi di Dunia, GWK Salah Satunya
info gambar utama

Seni patung yang memiliki nilai estetika tinggi sudah terkenal sejak zaman sebelum masehi. Salah satu bukti sejarah soal patung ditemukan beberapa waktu lalu, yaitu patung kayu “Shigr Idol” berusia lebih dari 12.000 tahun. Patung yang ditemukan di Rusia tersebut merupakan patung tertua di dunia karena diukir pada akhir Zaman Es Terakhir dan awal Holosen.

Dalam jurnal Kinetic Sclupture (Witabora & Witabora, 2014) menyebutkan bahwa sejarah dunia mencatat kesenian patung mencapai puncak craftmantship pada periode Yunani klasik. Karya patung di era tersebut menjadi tolak ukur seni patung sampai berabad-abad kemudian.

Saat ini, setiap negara memiliki seni patung khasnya masing-masing. Setiap patung memiliki makna, sejarah, bentuk, hingga tinggi yang berbeda-beda.

Patung tertinggi di dunia | GoodStats
info gambar

Di antara semua patung yang ada di dunia, terdapat 10 patung tertinggi. Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berdiri gagah di Pulau Dewata salah satunya. Lalu patung apa saja yang masuk daftar patung tertinggi? Berikut kami rangkum 10 patung tertinggi di dunia.

Patung kristus Raja, Hadiah Soeharto yang Gagal Rebut Hati Masyarakat Timtim

1. Statue of Unity, India

Staue of unity, India | Dakhar P/Shutterstock
info gambar

Terletak di Kevadia, Gujarat, India, Statue of Unity dinobatkan sebagai patung tertinggi di dunia dengan ketinggian 182 meter. Patung ini dibangun sebagai bentuk dedikasi kepada Sardar Vallabhbhai Patel, Menteri Dalam Negeri pertama India sekaligus pahlawan kemerdekaan India.

Untuk melihat detail dari konstruksi dan sejarah Sardar Petel, pengunjung dapat mampir ke museum yang terletak di dalam patung. Patung yang terbuat dari 18.000 ton baja dan 1.700 ton perunggu tersebut memerlukan waktu 4 tahun untuk diselesaikan.

2. Spring Temple Buddha, China

Spring Temple Budha | Chen J/Shutterstock
info gambar

Berlokasi di Kota Zhaocun, Provinsi Henan, China, patung Vairocana Buddha ini sempat menjadi patung tertinggi di dunia hingga November 2018 sebelum digantikan oleh Statue of Unity.

Dibangun sejak 1997 hinga 2008, patung setinggi 128 meter ini terdiri atas dua struktur yaitu Diamond Seat dan Sumeru Seat. Patung yang menjadi ikon Provinsi Henan ini terbuat dari 108 kilo gram (kg) emas, 3.300 ton tembaga, dan 15.000 ton baja.

3. Laykyun Setkyar, Myanmar

Latkyun Sekyar | Ming H/Shutterstock
info gambar

Terletak di Khatakan Taung, Myanmar, patung ini menjadi yang tertinggi ke-3 dengan ukuran 115,8 meter. Pembangunan monumen Laykyun Sekkya dimulai pada tahun 1996 dan membutuhkan waktu 12 tahun hingga akhirnya dibuka pada Februari 2008.

Patung yang menggambarkan Buddha Shakyamuni, guru spiritual dan dianggap sebagai pendiri agama Buddha tersebut dilapisi cat warna kuning sebagai simbol kebijaksanaan dalam agama Buddha. Di dalam patung terdapat 27 lantai dengan lift khusus serta hamparan taman pohon Bodhi yang mengelilingi sekitar patung.

4. Ushiku Daibutsu, Jepang

Ushiku Daibutsu | Getty/Shutterstock
info gambar

Berdiri gagah di negeri sakura, Jepang, Patung setinggi 100 meter ini menghiasi landscape Prefektur Ibaraki. Patung tersebut menggambarkan Amida Nyorai atau Amitabha. Tempat ini juga dikenal dengan nama Ushiku Arcadia yang dibangun untuk memperingati kelahiran Shinran, pendiri Jodo Shinsu.

Patung yang terbuat dari perunggu tersebut memiliki aula ibadah utama di bagian dalam dan observatorium setinggi 85 meter. Selain itu, terdapat ruangan besar yang dikelilingi 3.000 patung Buddha emas kecil di setiap dinding. Pembangunan dilakukan pada 1995 dan selesai pada 2002.

5. Great Buddha, Thailand

Great Budha | Ratchanok/Shutterstock
info gambar

Masih dengan patung Buddha, kali ini Great Budha yang berdiri di negeri Gajah Putih, Thailand, menempati posisi kelima dengan ketinggian mencapai 92 meter. Patung yang dikenal juga sebagai Phra Buddha Maha Nawamin tersebut sekaligus menjadi yang terbesar di antara ribuan patung di Thailand.

Patung ini dibuat dari beton bercat emas dengan membentuk posisi “Calling the Earth to Witness” dan selesai pada tahun 2008.

Berdiri dengan Gagah, Patung Gadjah Mada di Mojokerto Pecahkan Rekor Muri Indonesia

6. The Motherland Calls, Rusia

The Motherland Calls | Sergey Umanov/Shuttertsock
info gambar

Bergeser ke Benua Biru, patung selanjutnya bernama Motherland dengan ketinggian 85 meter dan memiliki berat 8000 ton. Patung yang berlokasi di Mamayev Volgograd, Rusia tersebut terbuat dari beton seberat 5.500 ton dengan struktur serta perlengkapan baja seberat 2.500 ton.

Dirancang oleh pematung Yevgeny Vuchetich dan insinyur struktural Nikolai Nikitin, patung ini menggambarkan seorang ibu yang memanggil anaknya untuk melawan musuh dan melanjutkan serangan. Lokasi sekitar patung merupakan kompleks monumen yang dibangun pada 1959-1967 untuk memperingati Pertempuran Stalingrad.

7. Garuda Wisnu Kencana, Indonesia

Garuda Wisnu Kencana | Oman K/Shutterstock
info gambar

Patung ikonik karya I Nyoman Nuarta, Garuda Wisnu Kencana masuk jajaran patung tertinggi di dunia. Terbuat dari tembaga dan kuningan, GWK tercatat memiliki ketinggian 76 meter dengan 754 modul dan 25 segmen baja seberat 900 ton.

Patung yang menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara ini menggambarkan Dewa Hindu Wisnu yang berada di atas Garuda. Selain melihat patung, pengunjung yang datang ke GWK dapat menikmati berbagai pertunjukan khas Bali.

8. Sa Tra Quan Am, Vietnam

Quan Am, Vietnam | Pixabay
info gambar

Di posisi ke-8 ada patung Sa Tra Quan Am, Vietnam setinggi 67 meter. Gambaran Lady Buddha atau Dewi Guanyin tersebut mendominasi lanskap Kota Da Nang yang begitu menawan.

Di dalam patung ada 17 lantai yang mewakili aspek-aspek Buddha. Patung megah ini berdiri di depan Pagoda Linh Ung dengan taman dan toko souvenir kecil yang dijalankan oleh para biksu.

9. Motherland Monument, Ukraina

Motherland Monument, Ukraina | Reuters
info gambar

Terletak di tepi Sungai Dnieper, Kyiv, Ukraina, Motherland Monument menjadi patung tertinggi ke-9 di dunia dengan ketinggian mencapai 62 meter.

Pematungnya bernama Soviet Yevgeny Vuchetich, namun ia meninggal sebelum pembangunan selesai, sehingga harus digantikan oleh pematung Vasyl Borodai.

Patung ini menggambarkan keberanian seorang prajurit wanita dengan perisai dan pedang di tangan. Motherland Monument menjadi bagian dari Museum Nasional Sejarah Ukraina dalam Perang Dunia Ke-2.

10. Great Standing Maitreya Buddha, Taiwan

Patung Maitreya, Taiwan | Wang Y/Shutterstock
info gambar

Terakhir, ada patung asal Taiwan setinggi 57,6 meter yang menggambarkan patung Buddha Maitreya. Patung tersebut berada di Nature Loving Wonderland yang merupakan landmark Hsinchu modern, di wilayah Hsinchu.

Pembangunannya dimulai sejak tahun 2000 dan selesai di tahun 2011. Hingga kini, patung Maitreya menjadi magnet bagi wisatawan dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Taiwan.

4 Lokasi Patung Buddha Berbaring di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini