Menyimpan Harta Karun, Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bombana

Menyimpan Harta Karun, Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bombana
info gambar utama

Bagi masyarakat yang tinggal di luar pulau Sulawesi mungkin masih asing dengan wilayah Bombana. Kabupaten ini berada di Sulawesi Tenggara dan ibu kotanya adalah Rumbia. Bombana dibentuk tahun 2003 dan merupakan hasil pemekaran Kabupaten Buton. Sebagai bayangan, lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Kolaka, Konawe Selatan, Muna, Buton, Laut Flores, dan Teluk Bone.

Kabupaten Bombana dihuni oleh Suku Moronene yang merupakan penduduk asli dan merupakan salah satu etnis terbesar di Sulawesi Tenggara. Meski beberapa orang mungkin belum akrab dengan nama Bombana, tapi wilayah ini akan membuat siapapun terkagum-kagum begitu melihat pesonanya secara langsung.

Begitu menginjakkan kaki di Bombana, ada begitu banyak daerah wisata yang bisa dijelajahi dan didominasi oleh wisata alam. Kabupaten Bombana juga dianugerahi dengan 'harta karun' berupa pulau-pulau eksotis tak berpenghuni, pantai-pantai yang bersih, keindahan bawah laut yang misterius, hingga desa wisata yang sayang untuk dilewatkan. Jika ada rencana berlibur ke Bombana, berikut deretan objek wisata yang dapat Anda kunjungi:

Deretan Pantai Terindah di Dunia Versi Condé Nast Traveller, Ada 1 dari Indonesia

Pulau Damalawa

Pulau Damalawa terletak di Desa Tapuhaka, Kecamatan Kabaena Timur. Salah satu keunikan dari pulau ini adalah ukurannya yang terbilang kecil yaitu 1.000 meter persegi. Meski pulau ini berukuran mini, pengunjung akan tetap puas dengan pemandangan yang disajikan.

Sesampainya di Pulau Damalawa, wisatawan akan disuguhkan panorama birunya laut, hamparan pasir putih, gunung-gunung di sekitar pulau, dan dereta pohon kelapa yang tinggi menjulang. Saking indahnya pulau ini disebut-sebut surga terapung di timur Kabaena.

Tak hanya berkegiatan di sekitar pantai, wisatawan juga dapat menjelajahi keindahan bawah laut dengan menyelam atau jalan-jalan menyusuri area hutan bakau.

Untuk mengunjungi pulau ini dapat diakses dengan kendaraan bermotor dari dermaga Dongkala kemudian naik kapal cepat dari dermaga Tapuhaka.

Menjelajah Wisata di Kabupaten Majene, dari Pantai Hingga Makam Raja

Pulau Sagori

Destinasi wisata lain yang dapat didatangi ketika liburan ke Bombana adalah Pulau Sagori di Kecamatan Kabaena. Pulau Sagori merupakan karang atol berbentuk hampir setengah lingkaran dengan bentangan pasir putih sepanjang 3.000 meter dan bagian tengahnya sekitar 200 meter. Di pulau ini banyak ditumbuhi pohon cemara yang membuat panoramanya semakin indah.

Sungguh mata Anda akan dimanjakan selama berada di pulau ini karena jika dilihat lebih jelas, Pulau Sagori menampilkan empat warna yaitu biru muda, biru tua, hijau dan putih dari perpaduan pantai, laut, langit, dan pohon cemara.

Pulau Sagori juga dihuni oleh Suku Bajo yang terkenal dengan kemampuannya melaut dan memang mata pencahariaan utama mereka adalah menangkap ikan atau petani rumput laut.

Berlibur di Pulau Sagori akan jauh dari membosankan sebab ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan. Wisatawan dapat menyelam di laut yang jernih dan menyaksikan kehidupan bawah laut berupaikan-ikan, karang, DAN taman bawah laut.

Bahkan di pulau ini juga terdapat 'harta karun' yaitu bangkai kapal yang diduga merupakan kapal layar VOC. Pada masa lalu, pulau ini pernah menjadi tempat persinggahan armada Belanda di bawah pimpinan Peter Bot ketika menyerang Kesultanan Buton. Karena keberadaan kuburan kapal-kapal karam yang menyimpan misteri, Pulau Sagori juga sering disebut sebagai Segitiga Bermuda Kabaena.

Pulau Gam Tawarkan Keindahan Gua Batuan Karst dan Laguna Misterius di Raja Ampat

Pulau Kondo

Berada di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat dan berjarak sekitar 102 kilometer dari Rumbia, Pulau Kondo juga tak kalah indah dari pulau-pulau lain di Bombana. Pulau Kondo telah lama menjadi daerah wisata primadona karena keelokan alamnya.

Di pulau ini, wisatawan dapat menikmati panorama alam berupa hamparan pasir putih yang berpadu dengan biru dan jernihnya air laut. Kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Kondo antara lain bermain air, berenang, bersantai menikmati pemandangan di sekitar, atau menyelam dan melihat terumbu karang dari dekat.

Mengintip Koleksi Unik Museum Rumah Adat Baanjuang Bukitinggi

Desa Wisata Tangkeno

Kabupaten Bombana juga memiliki desa wisata yaitu Tangkeno dan menjadi salah satu ikon wisata di daerah tersebut. Desa Tangkeno berada di ketinggian 700 mdpl dan terkenal memiliki udara yang sejuk dan setiap pagi desa ini diselimuti gumpalan awan. Desa ini juga dikenal sebagai Negeri di Awan.

Di desa ini terdapat alun-alun atau biasa disebut Plaza Tangkeno yang dapat dikunjungi wisatawan untuk menikmati pemandangan alam di sekitar seperti Gunung Watu Sangia, Pulau Sagori, dan bentangan laut yang begitu luas dan tampak begitu menakjubkan bak lukisan saat dilihat dari ketinggian.

Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Batusangia, melihat rumat adat, dan kegiatan masyarakat desa seperti membuat gula merah, menumbuk padi, bermain musik bambu, hingga membuat lemang. Dari kawasan pemukiman, pengunjung dapat melihat situs sejarah berupa benteng pertahanan dan air terjun dengan ketinggian 180 meter.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini