Pengunjung Terus Meningkat, Mengenal 4 Kebun Raya Besar yang Ada di Indonesia

Pengunjung Terus Meningkat, Mengenal 4 Kebun Raya Besar yang Ada di Indonesia
info gambar utama

Pariwisata sudah kembali memulih setelah pandemi. Kunjungan liburan yang dilakukan masyarakat juga bukan hanya menayasar tempat-tempat bermain, melainkan destinasi yang memiliki fungsi edukasi, salah satunya kebun raya.

Terbukti, karena nyatanya dilaporkan jika kunjungan masyarakat dalam berlibur ke kebun raya yang ada di Indonesia meningkat, pada periode Januari-Juli tahun 2022. Lebih detail, peningkatan pengunjung tercatat terjadi di empat kebun raya besar Indonesia yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya (Bali).

Hal tersebut diungkap oleh Mitra Natura Raya (MNR), yang menerima amanat mengelola empat kebun raya itu dari Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN.

Disebutkan bahwa dalam periode yang disebutkan di atas, toral pengunjung dari ke-empat kebun raya di atas sudah mencapai angka 1,4 juta orang.

Menjadi lokasi penting bagi upaya konservasi flora yang dilakukan secara ex situ, mari mengenal empat kebun raya terbesar yang ada di Indonesia saat ini.

Kebun Raya Itera, Pusat Konservasi Tumbuhan Pamah Sumatra

Kebun Raya Bogor

KRB bisa dibilang paling populer di kalangan masyarakat khususnya untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Berada di pusat Kota Bogor, Jawa Barat, dan berdekatan dengan Istana Presiden. Pertama kali didirikan tahun 1817, awal mulanya KRB hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Namun pada perkembangannya, KRB dapat dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan sekaligus wadah bagi ilmuwan bidang botani di Indonesia. Dari tempat ini pula lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan bahkan kebun raya lain. Dua di antaranya adalah Kebun Raya Cibodas, Laboratorium Treub, serta Museum dan Laboratorium Zoologi.

Memiliki luas area sekitar 87 hektare, Kebun Raya Bogor menjadi rumah bagi koleksi tumbuhan sebanyak 12.531 spesimen. Tumbuhan tersebut kemudian dikelompokkan kembali ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku.

Kebun Raya Bogor, Sejarah dan Tanda Cinta Raffles

Kebun Raya Cibodas


Merupakan perkembangan dari KRB, kebun ini didirikan oleh kurator KRB bernama Johannes Ellias Teijsmann pada tahun 1852. Sama-sama berada di Jawa Barat, Kebun raya ini berlokasi di kaki Gunung Gede dan Pangrango pada ketinggian kurang lebih 1.300-1.425 mdpl.

Memiliki luas sekitar 84,99 hektare, kebun raya cibodas memiliki sebanyak 2311 jenis tanaman hidup yang terdiri dari sebanyak 11.746 spesimen.

Bagian menarinya, ada beberapa bagian dari Kebun Raya Cibodas yang terkenal di kalangan pengunjung. Di antaranya Taman Sakura, dengan keelokan bunga sakura khas Jepang yang akan mencerahkan mata. Selain itu, ada juga rumah kaca yang menyimpan sekitar 350 jenis kaktus dan 360 anggrek.

170 Tahun Kebun Raya Cibodas: Wisata Edukasi hingga Upaya Konservasi Tumbuhan

Kebun Raya Purwodadi

Lebih muda, kebun raya yang berada di Pasuruan, Jawa Timur ini merupakan cabang kedua dari pengembangan KRB. Didirikan pada tahun 1941, Kebun Raya Purwodadi memiliki peran dan fungsi mengkoleksi tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering.

Meski sudah didirikan sejak tahun 1941, namun pembukaannya untuk publik sendiri baru dilakukan pada tahun 1963. Berada di ketinggian 35 mdpl, luas lahan dari kebun raya ini berada di kisaran 85 hektare.

Bicara mengenai koleksi, Kebun Raya Purwodadi memiliki sebanyak 14.534 spesimen tanaman yang terdiri dari 3.770 jenis, 988 marga dan 150 suku. Beberapa koleksi tanaman yang ada di kebun ray aini terdiri dari anggrek, paku-pakuan, tanaman obat, palem, dan masih banyak lagi.

Kebun Raya Tanaman Obat di Indonesia, Mungkinkah?

Kebun Raya Bali

Bukan hanya menjadi cabang ke-3 KRB, Kebun Raya Bali juga menjadi kebun raya pertama di luar Pulau Jawa pada saat dibangun tahun 1959. Dikenal juga dengan nama Kebun Raya Eka Karya, lokasinya berada di Candikuning, Kabupaten Tabanan.

Karena merupakan cabang terakhir yang dibuat, kala pertama kali dibangun koleksi floranya banyak didatangkan dari Kebun Raya Bogor dan Cibodas. Meski jadi cabang KRB terakhir yang dibangun, faktanya Kebun Raya Bali merupakan kebun raya terbesar yang ada di Indonesia. Lahannya mencapai 157,5 hektare, nyaris dua kali lipat dari Kebun Raya Bogor, Cibodas, dan Purwodadi.

Memiliki sebanyak 2.100 spesies tumbuhan, menariknya tidak hanya flora namun Kebun Raya Bali juga menjadi tempat pengamatan burung. Disebutkan jika ada lebih dari 79 jenis burung yang ada di kebun raya ini.

Bali Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Konservasi Kebun Raya se-ASEAN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini