Pebisnis Tangguh dan Sukses, Ini 3 Sosok Perempuan Terkaya di Indonesia

Pebisnis Tangguh dan Sukses, Ini 3 Sosok Perempuan Terkaya di Indonesia
info gambar utama

Indonesia memang memiliki jajaran pengusaha dengan kekayaan fantastis, yang selama ini banyak dikenal lewat berbagai bisnis skala nasional atau multinasional di tanah air. Nama Chairil Tanjung, Anthony Salim, Budi Hartono, dan sederet pengusaha lainnya mungkin sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat.

Walau mayoritas jajaran pengusaha yang banyak dikenal memang didominasi oleh kalangan pria, kenyataannya kaum perempuan juga tak mau kalah dan menunjukkan kemampuannya dalam mengelola bisnis.

Siapa saja deretan perempuan yang dimaksud dan terkenal akan kepiawaiannya dalam berbisnis? Berikut 3 sosok yang dimaksud, berdasarkan pemeringkatan Forbes.

Mengenal Sosok ‘Bill Gates’ Lokal yang Dirikan Data Center Terbesar di Indonesia

Marina Budiman

Bukan hanya mendapat gelar sebagai perempuan terkaya nomor satu di Indonesia, namun di saat bersamaan juga dinobatkan sebagai pebisnis perempuan paling berpengaruh di kawasan Asia pada tahun 2021.

Berdasarkan catatan Forbes, Marina diketahui memiliki kekayaan di kisaran 1,5 miliar dolar AS atau setara lebih dari Rp21 triliun. Tidak didapatkan secara instan, posisi yang diraih Marina saat ini diperoleh berkat tangan dinginnya dalam mengembangkan perusahaan pusat data terbesar di tanah air yakni Data Center Indonesia (DCI).

Sebagai pusat data terbesar, DCI sendiri diketahui telah melayani berbagai perusahaan di kawasan Asia yang terdiri dari 44 perusahaan telekomunikasi, 134 perusahaan keuangan, dan beberapa perusahaan eCommerce terbesar di Asia.

Mengawali karier sebagai pegawai bank di Bali, kekayaan yang dimiliki oleh Marina saat ini sebagian besar diperoleh dalam bentuk kepemilikan saham dari perusahaan DCI yang ia rintis.

Menilik Ekosistem Penyedia Layanan Data Center di Indonesia

Arini Subianto

Gelar perempuan dengan kekayaan terbanyak berkat keberhasilan mengelola bisnis selanjutnya diraih oleh Arini Subianto, yang tercatat memiliki kekayaan di angka 975 juta dolar AS atau setara Rp13,8 triliun.

Arini merupakan anak dari mendiang pengusaha Benny Subianto yang meninggal dunia pada tahun 2017, yang juga dikenal sebagai salah satu sosok yang membantu berdirinya salah satu perusahaan multinasional terbesar di Indonesia yakni Astra.

Meski mendapat keistimewaan dengan menjabat gelar kepemimpinan sebagai Presiden Direktur di perusahaan lain yang didirikan oleh ayahnya yakni Persada Capital Investama, Arini rupanya menunjukkan kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut hingga saat ini.

Persada Capital Investama sendiri saat ini dikenal sebagai induk perusahaan dari sejumlah bisnis yang bergerak di bidang pengolahan kayu, produksi minyak sawit, karet, dan batu bara.

Mengenal 2 Perempuan Indonesia yang Masuk Daftar Pebisnis Paling Berpengaruh di Asia

Kartini Muljadi

Penasaran siapa sosok di balik keberadaan sejumlah produk rumah tangga atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan produk farmasi layaknya bodrex, hemaviton, marina, dan lain sebagainya? Kartini Muljadi jawabannya.

Perempuan kelahiran tahun 1930 ini merupakan sosok di balik PT Tempo Scan Pacific, salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1970.

Selain perusahaan tersebut, Kartini diketahui juga memiliki firma hukum Kartini Muljadi dan Rekan yang berada di kawasan Ibu Kota Jakarta.

Berkat kepemilikan usaha tersebut, Kartini tercatat memiliki kekayaan di angka 695 juta dolar AS atau setara Rp9,8 triliun hingga saat ini.

Mengenal Sosok Laksamana Malahayati-Panglima Angkatan Laut Perempuan Pertama di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini