Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Jember Jawa Timur yang Cocok untuk Semua Umur

Rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Jember Jawa Timur yang Cocok untuk Semua Umur
info gambar utama

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Karnaval. Julukan tersebut berdasar pada acara Jember Fashion Carnaval (JFC) yang sangat ikonik dan mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Jember juga memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alam di Kota Jember. Tidak sah jika sudah datang ke Jember namun tidak pulang dengan membawa oleh-oleh khas Jember yang sangat unik. Berikut ini adalah oleh-oleh khas Jember yang perlu Anda ketahui.

1. Suwar-Suwir

oleh-oleh jember
info gambar

Oleh-oleh khas Jember pertama adalah suwar-suwir yang terbuat dari tape. Sekilas memang tampilannya mirip dodol. Namun, jajanan ini hadir dengan berbagai varian warna yaitu putih, merah, hijau, dan coklat dengan cita rasa kecut, manis, dan legit. Perpaduan dari tiga rasa tersebut tentu membuat suwar-suwir menjadi salah satu oleh-oleh yang lezat.

Tak sedikit wisatawan yang memilih jajanan ini. Selain karena nilai historisnya sebagai jajanan yang sudah ada sejak zaman Belanda, makanan ini cocok untuk segala usia. Tak hanya itu, tentunya Anda akan mudah membawanya sebagai oleh-oleh karena ukuran kemasannya yang kecil dan praktis. Jika tertarik, Anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh atau di berbagai jalan poros utama di Jember.

Baca juga: Jajanan Olahan Tape Singkong Khas Jember yang Siap Memanjakan Lidah

2. Pia Tape

Tape di Jember selain diolah menjadi suwar-suwir juga bisa disajikan menjadi menu yang lain, yaitu pia tape. Pia tape merupakan makanan khas Jember yang berbentuk balok dan terdiri dari dua varian rasa yaitu coklat dan keju.

Satu kotak pia tape ini biasanya berisi 10 buah dan dijual dengan harga di kisaran Rp20.000,00. Jika Anda adalah pecinta tape yang ngeprul dan lumer di mulut, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas Jember ini untuk dibawa pulang.

3. Edamame

oleh oleh jember
info gambar

Oleh-oleh khas Jember ini adalah salah satu makanan sehat yang cukup populer. Edamame adalah sejenis kedelai dari Jepang yang tumbuh subur di Jember. Bahkan dikatakan bahwa Edamame merupakan salah satu makanan khas Jember yang diakui oleh dunia. Makanan ini tentunya cocok untuk segala usia.

Baca juga: Edamame Jember yang Mendunia

4. Cokelat dan Produk Olahannya

oleh oleh jember
info gambar

Cokelat sebagai salah satu komoditas unggulan di Jember tentunya menginspirasi lahirnya berbagai produk olahan cokelat. Sebagai oleh-oleh tentunya paling praktis untuk membawa cokelat bubuk asli dari Jember sebagai buah tangan untuk kerabat dan teman Anda. Berbagai pilihan cokelat bubuk tersedia dari yang bubuk cokelat murni, bubuk cokelat 3 in 1 (campuran jahe), hingga cokelat dalam bentuk permen atau kue.

5. Kopi Robusta, Liberica, dan Arabica

oleh-oleh jember
info gambar

Jember merupakan penghasil kopi terbaik di Indonesia. Salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang adalah biji kopi atau bubuk kopi andalan Jember, yakni kopi robusta Jember yang khas dengan pahit dan masam, lalu kopi liberica yang dominan rasa pahitnya, serta kopi arabica yang dominan masam.

Anda bisa membawa pulang oleh-oleh kopi Jember dan membagikannya kepada keluarga atau teman yang mempunyai kegemaran untuk ngopi tentunya.

Baca juga: Kopi Indonesia : Manfaat, Jenis, dan Daerah Penghasil Kopi Terbaik

6. Brownies Tape

oleh oleh tape
info gambar

Brownies tape adalah kue cokelat dengan bahan utama olahan tape yang sangat populer di Jember. Brownies ini memiliki cita rasa yang manis, dan tekstur yang lembut. Selain itu, brownies tape juga memiliki berbagai varian rasa mulai dari kacang, keju, dan coklat.

Harga yang perlu Anda keluarkan untuk membeli brownies tape ini pun tergolong murah, yaitu mulai Rp20.000,00 saja.

7. Prol Tape

oleh-oleh jember

Prol tape termasuk kue yang cocok untuk buah tangan karena rasanya yang variatif, yaitu gurih, kecut, manis. Selain itu, makanan ini juga masih memiliki varian rasa seperti tiramisu, coklat, dan keju.

Untuk mendapatkan prol tape ini, Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam. Satu kotak prol tape hanya dijual seharga Rp19.000,00 sampai Rp23.000,00 saja.

8. Jeruk Semboro

oleh-oleh jember
info gambar

Sebagai salah satu daerah dengan hasil panen jeruk khas, Jember memiliki jenis jeruk dengan rasa manis dan masam yakni jeruk semboro. Jeruk yang diminati wisatawan ini sangat tepat dijadikan oleh-oleh karena rasanya yang nikmat sekaligus bernutrisi. Jeruk semboro banyak dipanen dari lahan di Kecamatan Umbulsari, Semboro, Gumukmas, dan Sumberbaru di Kabupaten Jember, Jatim.

9. Durian Sumberjambe

oleh oleh jember
info gambar

Bagi penyuka durian, silakan mencoba membawakan durian khas Jember di kawasan Sumberjambe. Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan durian termasuk varietas unggul yang pernah menang kontes-kontes durian. Salah satu durian untuk oleh-oleh Jember yakni jenis Durio zibethinus bisa menjadi pilihan karena cita rasa yang legit, aroma yang menyenangkan, dan daging buah yang selembut es krim.

Baca juga: 5 Kecamatan di Jawa Timur Ini Hasilkan Buah Durian Terbaik

10. Kue Kacang

oleh-oleh khas Jember
info gambar

Salah satu kawasan di Jember tepatnya di Kecamatan Mayang terdapat produksi kue kacang Jember. Sekitar 4 dusun dilibatkan dalam proses pembuatan kue dengan cita rasa manis dengan tekstur butiran kacang tanah ini. Oleh-oleh ini semakin banyak diminati terlebih saat menyambut bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Sumber: www.jemberkab.go.id | ppid.jemberkab.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini