Mengenal Bagian-Bagian Bunga: Struktur, Fungsi, dan Contoh Gambarnya

Mengenal Bagian-Bagian Bunga: Struktur, Fungsi, dan Contoh Gambarnya
info gambar utama

Bunga merupakan alat reproduksi tumbuhan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup) dari divisi Magnoliophyta yang memiliki organ reproduksi seksual tumbuhan dengan benang sari (kelamin jantan) maupun putik (kelamin betina).

Berikut ini bagian-bagian bunga dan masing-masing fungsinya:

1. Mahkota bunga (Corolla)

Mahkota bunga adalah bagian bunga berwarna cerah yang bertugas menarik perhatian serangga untuk mendekat.

baian bagian bunga dan fungsinya
info gambar

Bentuk mahkota bunga (corolla) bermacam-macam. Ada yang menyerupai corong, ada yang seperti lonceng, dan ada yang seperti roda. Bunga dapat muncul secara tunggal maupun dalam jumlah banyak dalam satu rangkaian.

  • Bunga tunggal adalah bunga yang hanya terdiri dari satu rangkaian sekali berbunga.
  • Bunga majemuk adalah bunga yang dalam jumlah banyak secara bersama-sama. Biasanya bunga tersusun atas floret (bunga-bunga kecil yang tersusun di tengah bunga compositae) seperti pada bunga matahari, kenikir, anthurium, anyelir.

Fungsi mahkota bunga

  • Sebagai tempat alat reproduksi bunga yang produktif (fertil).
  • Membantu proses penyerbukan. Tak jarang mahkota bunga mengeluarkan aroma yang menarik perhatian lebah, kupu-kupu, kumbang, atau burung agar mereka membantu proses pembuahan.
  • Menjaga alat reproduksi bunga, baik benang sari, putik, atau keduanya.
  • Menyimpan nektar yang memiliki rasa manis sehingga menarik kumbang, kupu-kupu, atau lebah.

2. Kelopak Bunga

Kelopak bunga (calyx) adalah bagian terluar bunga yang biasanya berwarna hijau dan menyerupai daun. Kelopak bunga menutup dan melindungi mahkota bunga.

bagian bagian bunga dan fungsinya
info gambar

Fungsi kelopak bunga

  • Menjaga dan melindungi mahkota bunga dari kerusakan dari luar.
  • Membantu fotosintesis sebagaimana yang dilakukan daun. Bagian kelopak bunga juga menjadi tempat pembuatan makanan pada tumbuhan.
  • Memproteksi kuncup bunga dari serangga. Sebagian hewan dan serangga bisa merusak bunga dan adanya kelopak menjaga kuncup bunga tidak rusak.

3. Benang sari

Benang sari merupakan organ bunga yang menghasilkan sel kelamin jantan (gamet jantan). Benang sari memiliki tangkai sari (filament) dan kepala sari (anther).

bagian bagian benang sari
info gambar

Fungsi benang sari adalah sebagai tempat menghasilkan serbuk sari (mikrospora) yang mengandung gamet jantan pada bagian kepala sari untuk pembuahan. Bagian tangkai sari (filament) berfungsi akan menopang kepala sari hingga terjadinya pertemuan gamet jantan dan betina.

4. Serbuk Sari

Polen (serbuk sari), merupakan serbuk yang mengandung gamet jantan (sel-sel kelamin jantan) untuk proses pembuahan. Fungsinya untuk proses penyerbukan. Serbuk sari diproduksi, dijaga dan disimpan di kepala sari (anther).

bagian bagian bunga dan fungsi
info gambar

5. Putik

Putik merupakan organ bunga yang memiliki sel kelamin betina dengan tiga bagian yakni kepala putik (stigma), tangkai putik (style), dan bakal buah (ovary).

bagian bagian bunga putik
info gambar

bagian bagian bunga dan fungsinya
info gambar

Fungsi Putik adalah sebagai lokasi penyerbukan. Putik memiliki dasar yang akan menyerap serbuk sari melalui tangkai putik menuju ke bakal biji sehingga nantinya akan berkembang menjadi benih dan buah setelah pembuahan. Putik termasuk di dalamnya bakal buah (ovary) berperan dalam memproduksi dan menjaga bakal biji.

6. Bakal buah

Bakal buah atau ovary biasanya ada pada jenis tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Ini merupakan bagian tanaman yang berperan penting dalam menjaga ovule (bakal biji). Bakal buah berfungsi melindungi ovule, menyiapkan ovule untuk proses penyerbukan, serta menjaga zygot (sel yang terbentuk setelah gamet jantan dan betina bertemu). Setelah pembuahan terjadi, bakal buah inilah yang akan tumbuh menjadi buah dan membungkus biji dari bakal biji.

bagian bagian bunga struktur bunga fungsi bunga
info gambar

7. Bakal biji

Bakal biji adalah bagian dalam tanaman berbiji tertutup yang fungsinya untuk menyimpan sel-sel telur (gamet betina) dan menerima serbuk sari dari tanaman lain. Di sinilah tempat pembuahan terjadi sehingga terbentuk zygot. Fungsi lainnya adalah bakal biji akan melindungi inti sel, membentuk lapisan biji, serta berubah menjadi biji pada bunga.

8. Dasar bunga

dasar bunga receptacle
info gambar

Dasar bunga (receptacle) merupakan bagian bunga yang menggembung di bawah bunga. Dasar bunga ini berfungsi sebagai perekat yang menyatukan daun-daun mahkota (petal) tetap menyatu.

Uniknya, ternyata ada salah satu dasar bunga yang berubah menjadi salah satu bagian buah. Contoh buah yang terbentuk dari dasar bunga yang menggembung adalah stroberi.

9. Tangkai bunga

tangkai bunga peduncle
info gambar

Tangkai bunga disebut dengan peduncle yang berfungsi menopang dasar bunga (receptacle) agar mudah dihinggapi polinator (lebah, kupu, kumbang, burung). Biasanya berwarna hijau menyerupai warna kelopak bunga atau dasar bunga.

10. Tangkai tumbuhan (pedicel)

Tangkai tumbuhan atau pedicel merupakan bagan tanaman yang fungsinya untuk menopang tanaman, menyalurkan nutrisi dari akar ke bagian lain dari tanaman. Bagian tangkai kerap dipotong untuk bunga hias potong agar tanaman bisa diletakkan ke dalam vas bunga.

Contoh Bagian-Bagian Bunga dan Gambarnya

Secara umum bagian-bagian tumbuhan sempurna adalah sebagai berikut:

    1. Kepala putik (stigma)
    2. Tangkai putik (style)
    3. Bakal buah (ovary)
    4. Bakal biji (ovule)
    5. Serbuk sari (pollen)
    6. Kepala sari (anther)
    7. Tangkai sari (filament)
    8. Benang sari (stamen)
    9. Mahkota bunga (corolla)
    10. Kelopak bunga (calyx)
    11. Dasar bunga (receptacle)
    12. Tangkai bunga (peduncle)
    13. Tangkai tumbuhan (pedicel)

Bagian-Bagian Bunga Mawar

gambar bagian bagian bunga struktur bunga
Bagian-bagian bunga mawar | Foto: Dinda_5th/Flickr.com & Canva

Bagian-Bagian Bunga Sepatu

Bagian-bagian bunga sepatu dan fungsinya
info gambar

Bagian-Bagian Bunga Anemone

gambar bagian bagian bunga
info gambar
diagram gambar struktur bunga
info gambar

Sejumlah istilah terkait bunga, di antaranya adalah bungasempurna, bunga tidak sempurna, bunga lengkap, bunga tidak lengkap, bunga berumah satu, bunga berumah dua, dan lainnya. Berikut perbedaan masing-masing sekaligus contohnya.

Perbedaan bunga sempurna vs bunga tidak sempurna

Klasifikasi bunga berdasarkan organ reproduksi bunga terbagi menjadi 2, yakni:

  • Bunga sempurna adalah istilah terkait organ reproduksi bunga. Disebut bunga sempurna asalkan dalam satu bunga ada 2 alat reproduksi yakni benang sari dan putik, meskipun tidak memiliki bagian bunga lain. Istilah lain bunga sempurna adalah bunga hermafrodit yang artinya bunga berkelamin ganda. Contoh: bunga wortel, bunga anggrek, bunga lily, bunga sakura, apel, jeruk, polong-polongan.
  • Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki satu alat reproduksi atau hanya memiliki satu jenis kelamin. Bunga jantan saja maupun bunga betina saja. Contoh: mentimun, jagung, labu madu, salak, kacang kastanye, kacang kenari, bunga begonia

Perbedaan bunga lengkap vs bunga tidak lengkap

Klasifikasi bunga berdasarkan organ reproduksi kelengkapan anatomi bunga terbagi menjadi 2, yakni:

  • Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki struktur anatomi bunga secara lengkap meliputi kelopak, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Contoh: bunga sepatu (hibiscus), mawar, dan tulip.
  • Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki struktur anatomi lengkap. Contoh: bunga rumput, bunga jagung, labu madu.

Perbedaan bunga berumah satu vs bunga berumah dua

Dalam kategori bunga tidak sempurna masih terbagi lagi menjadi dua jenis bunga berdasarkan keberadaan lokasi berkumpulnya organ reproduksi, yakni bunga berumah satu dan berumah dua.

  • Bunga berumah satu (monosius) adalah bunga tidak sempurna yang memiliki putik dan benang sari dalam satu tanaman tetapi hanya satu yang berfungsi, bagian gamet jantan saja atau gamet betina saja. Jenis bunga berumah satu bisa tumbuh-kembang sendiri meski hanya satu tumbuhan saja. Tumbuhan dengan bunga berumah satu bisa menghasilkan buah dan biji tanpa bantuan manusia. Contoh: mentimun, pisang, kelapa, pinus, jagung.
  • Bunga berumah dua (diosius) adalah bunga tidak sempurna yang hanya memiliki satu jenis kelamin saja dalam satu tumbuhan, yakni bunga jantan saja atau bunga betina saja secara terpisah. Artinya dalam satu tumbuhan hanya memiliki bunga tidak sempurna yang fungsinya sebagai gamet jantan dan tidak memiliki gamet betina. Kemudian, tumbuhan lainnya hanya memiliki bunga tidak sempurna dengan fungsi gamet betina saja tanpa gamet jantan. Bagi petani, penting untuk mengatur posisi tanaman berumah dua agar dekat satu sama lain. Sehingga tanaman pun bisa berbuah. Contoh: pala, pepaya, salak, asparagus, kurma, dan Rafflesia arnoldii.

Baca juga: Bunga Melati Putih : Ciri dan Manfaat Flora di Indonesia yang Menjadi Puspa Bangsa

sumber:

Kamus Istilah Biologi untuk Pelajar. Triadi Basuki, dkk. (1985). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

geeksforgeeks.org |wikipedia|

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini