Kebun Binatang Bandung, Wisata Keluarga untuk Akhir Pekan

Kebun Binatang Bandung, Wisata Keluarga untuk Akhir Pekan
info gambar utama

Kebun Binatang Bandung atau kini disebut BAZOGA (Bandung Zoological Garden) adalah objek wisata aneka satwa dan flora yang berlokasi di sekitar area Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Sungai Cikapundung, tepatnya di Jl. Tamansari No.17, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Objek wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 16.00 WIB. Harga tiket masuk ke kebun binatang ini pun tidak mahal, sekitar Rp50.000 untuk per orangnya. Usai pandemi Covid-19, Kebun Binatang Bandung telah direnovasi dan dipercantik sehingga suasana di dalamnya mengalami sejumlah perubahan.

Baca juga: Braga Bandung, Destinasi Wisata Saat Akhir Pekan

peta kebun binatang bandung
info gambar

Berikut ini spot menarik di Kebun Binatang Bandung untuk tempat wisata keluarga. Apa saja?

1. Wahana Kolam Perahu

Spot menarik yang harus Kawan coba pertama yaitu wahana kolam perahu. Wahana ini cukup besar sehingga bisa memuat banyak orang. Selain itu, karena ukurannya yang besar ini bisa menampung Kawan sekeluarga untuk berkeliling danau selama beberapa menit.

2. Wisata Edukasi Satwa

kebun binatang bandung
info gambar

Saat mengunjungi tempat wisata ini, Kawan akan melihat dan belajar mengenal satwa yang ada. Mulai dari reptil, mamalia, primata, dan aneka burung cantik. Beberapa jenis hewan yang ada antara lain: merak, binturong, harimau, tapir, kucing hutan, jerapah, berang-berang, zebra, gajah, unta, hingga rusa.

Tak hanya seputar dunia hewan, Kawan juga bisa merasakan kesejukan pepohonan rindang di tempat wisata ini. Area pepohonan ini menaungi area seakan-akan Kawan sedang berjalan di kawasan hutan.

Baca juga: Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Berlibur Bersama Keluarga

3. Menikmati Pertunjukan

atraksi kebun binatang bandung
info gambar

Salah satu aktivitas menarik di Kebun Binatang Bandung yaitu ada banyak pertunjukan menarik. Salah satu pertunjukan tersebut di kebun binatang ini yaitu atraksi tingkah-tingkah lucu para hewan yang biasanya akan ditampilkan 2 kali dalam sehari.

Tidak hanya itu, pada musim liburan tiba, Kawan juga bisa melihat pagelaran budaya yang menampilkan budaya tradisional dan seni khas Sunda. Pertunjukan yang ada di kebun binatang ini berupa penampilan budaya dan kesenian tradisional. Jadi tidak hanya akan sebagai hiburan semata, tetapi juga bisa sebagai ajang edukasi, penelitian, dan pelestarian budaya.

4. Memberi Makan Hewan

memberi makan hewan di kebun binatang bandung
info gambar

Kawan juga bisa merasakan pengalaman memberi makan aneka satwa di tempat ini. Untuk melakukan animal feeding cukup merogoh kocek seharga Rp50.000,00 untuk memberi makan jerapah dan foto bersama mereka. Sementara untuk memberi makan rusa, Kawan bisa membeli wortel di lokasi seharga Rp10.000,00 untuk memberi makan rusa.

Baca juga: Alun-Alun Kota Bandung: Daya Tarik dan Rekomendasi Kuliner untuk Berakhir Pekan

5. Flying Fox

Di Kebun Binatang ini, Kawan juga bisa menemukan aktivitas outbound seperti flying fox. Jadi bagi Kawan yang suka wahana ekstrim, spot ini menjadi pilihan terbaik.

Flying fox ini tak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga memiliki area flying fox khusus yang tingginya disesuaikan. Sehingga lebih aman dan cocok untuk anak-anak.

6. Taman Bermain

taman bermain anak di kebun binatang bandung
info gambar

Kebun Binatang Bandung juga menyediakan taman bermain untuk anak. Beberapa permainan yang disediakan antara lain skuter anak, kereta api anak, jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, kereta mini, trampolin, hingga area mandi bola yang dijamin tidak akan membuat anak-anak bosan.

Selain itu, semua permainan tersebut juga sudah dijamin keamanannya. Jadi tidak perlu khawatir dengan keselamatan anak-anak. Namun alangkah lebih baik jika Kawan tetap memantau anak saat bermain di setiap permainan.

Fasilitas:

  • tempat persewaan stroller bagi orang tua yang memiliki anak kecil.
  • persewaan buggy car, sepeda dorong, dan golf car.
  • foodcourt, area piknik lesehan, dan botram.
  • mushola
  • toilet di beberapa tempat
  • tempat jual makanan dan minuman
  • wahana naik gajah maupun unta
  • tempat parkir kendaraan bermotor dan mobil
  • toko suvenir dan merchandise BAZOGA

Baca juga: 17 Tempat Wisata di Bandung Paling Populer

sumber: https://www.bandung-zoo.com/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini