Anggarkan Rp72 M, Jembatan Tanpa Tiang Terpanjang di Jabar Siap Dibangun

Anggarkan Rp72 M, Jembatan Tanpa Tiang Terpanjang di Jabar Siap Dibangun
info gambar utama

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menganggarkan Rp72 miliar untuk pengembangan infrastruktur di Pangandaran. Bersamaan dengan perbaikan 71 ruas jalan, pembangunan jembatan tanpa pilar terpanjang di Jabar resmi dimulai.

Namanya Jembatan Sodongkopo, terletak di Nusawiru, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Jembatan dengan panjang 140 meter ini merupakan terusan dari pembangunan puluhan kilometer jalan lintas pesisir Pantai Madasari yang sudah rampung.

Sodongkopo akan menggantikan jembatan darurat tipe bailey yang telah dibongkar pada Mei lalu. Pembangunan jembatan ini didanai APBD sebesar Rp15 miliar.

Deretan Provinsi dengan Proyek Investasi Asing Terbanyak Q1 2021, Jabar Paling Bergairah

Waktu tempuh ke Batukaras jadi lebih cepat

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK) mengatakan, keberadaan Jembatan Sudongkopo akan mempersingkat waktu tempuh ke Pantai Batukaras—destinasi wisata terkenal di Cijulang—dari satu jam menjadi 10 menit.

"Saya doakan lancar tidak ada halangan, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan, yang tadinya ke Batukaras butuh satu jam kurang lebih, memutar, sekarang mungkin hanya 10 menit," ungkap RK usai acara peletakan batu pertama proyek Jembatan Sodongkopo, Minggu (9/7/2023).

Sebelumnya, warga ataupun wisatawan yang ingin ke Batukaras mesti melintasi jalan sejauh 12,6 kilometer. Dengan adanya jembatan baru itu, jalan yang akan ditempuh hanya 1,8 kilometer saja.

Menurut RK, pembangunan Jembatan Sodongkopo menunjukkan komitmen Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan konektivitas wilayah di Pangandaran. Ini akan menstimulus pariwisata dan ekonomi kawasan.

Jembatan itu disebutnya bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pangandaran. Dia berharap, pembangunan Sodongkopo dapat selesai akhir 2023.

"(Perbaikan infrastruktur) Kabupaten Pangandaran senilai Rp72 miliar sudah dianggarkan, sudah dilelang, sudah dimenangkan, dan siap untuk dipercepat pembangunannya. Kalau tidak ada halangan bulan November (atau) Desember insyaallah selesai (Jembatan Sodongkopo)," ucap RK.

Museum Nyamuk, Tujuan Wisata Unik dan Edukatif di Pangandaran

Konstruksi yang unik

Pemdaprov Jabar dalam keterangan tertulis menerangkan, Jembatan Sodongkopo menghubungkan garis pantai sepanjang 91 kilometer. Mulai dari Pantai Batuhiu, Bojongsalawe, Nusawiru, Batukaras, hingga Pantai Madasari. Bukan itu saja, jembatan ini juga menghubungkan akses ke Bandara Nusawiru, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pangandaran, khususnya Batukaras.

Lalu, detikJabar turut mewartakan, selain namanya, Jembatan Sodongkopong juga memiliki struktur konstruksi yang ikonik dengan rangka baja melengkung.

"Kami mengandalkan kolaborasi dan desainnya berasal dari Pemkab Pangandaran. Kami juga targetkan selesai pada Desember 2023 ini," kata Bambang Tirtoyuliono, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat.

Menapaki Jejak Saksi Bisu Ditenggelamkannya Kapal Buron FV Viking di Pangandaran

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini