Mengenal Pangkat IPDA di Kepolisian dan Besaran Gajinya

Mengenal Pangkat IPDA di Kepolisian dan Besaran Gajinya
info gambar utama

Pangkat dalam kepolisian menunjukan tingkatan untuk mengatur dan mengorganisasi struktur organisasi kepolisian. Pangkat-pangkat tersebut memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Terbagi menjadi Tamtama, Bintara dan Perwira.

Sebagai tingkatan tertinggi, Perwira masih terbagi menjadi beberapa jabatan fungsional lagi. Salah satunya adalah Inspektur Polisi Dua atau disingkat IPDA. Pangkat ini berada di tingkatan Perwira Pertama. Mereka yang baru diangkat dari Bintara tingkat tinggi, akan mendapatkan pangkat IPDA.

Untuk mengenal lebih detail mengenai jabatan IPDA, berikut ulasan lengkapnya!

Pengertian dan tugas-tugas seorang Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Inspektur Polisi Dua (IPDA) berada di jajaran perwira tingkat pertama. Lambang pangkatnya berupa 1 balok berwarna emas.

Meskipun sudah bergelar perwira yang merupakan petinggi kepolisian, seorang IPDA tetap menjalankan tugas-tugas operasional. Selain tugas fungsionalnya di tingkatan perwira.

Rata-rata, mereka yang mendapat gelar IPDA ini merupakan seorang taruna atau siswa/i dari Akademi Kepolisian, Sekolah Inspektur Polisi atau Sekolah Pembentukan Perwira (SETUKPA). Setelah lulus dan mendapat gelar, mereka bisa langsung menduduki jabatan sebagai perwira Polri.

Mengenal Pangkat Ajun Komisaris Perwira (AKP) di Kepolisian, Apa Tugasnya?

Berada di bawah Inspektur Polisi Satu (IPTU) dan Ajun Komisaris Polisi (AKP), tugas diantara ketiganya bisa dibilang hampir memiliki kesamaan. Yaitu, menjadi pemimpin operasional dalam situasi tertentu dan menjadi komandan batalion khusus untuk menangani situasi atau kondisi darurat.

IPDA di beberapa daerah juga ditugaskan sebagai seorang edukator. Bekerja sama dengan pihak eksternal, mereka seringkali diturunkan untuk memberikan wawasan dan sosialisasi mengenai aturan maupun pengetahuan umum tentang kemasyarakatan. Baik di tingkatan sekolah, masyarakat dan desa.

Kebanyakan IPDA akan bertugas di wilayah Polres atau Polrestabes. Tetapi istimewanya, mereka yang memiliki pangkat IPDA biasanya juga akan ditugaskan pada posisi-posisi khusus, seperti Ajudan Presiden / Wakil Presiden dan atau petinggi negara lainnya.

Hal ini karena mereka juga telah dilatih dan memiliki gelar pendidikan berbeda dengan yang lainnya. Sehingga mereka bisa cukup kompeten untuk berada di beberapa fungsi keamanan pejabat tinggi negara.

Cukup istimewa bukan polisi di tingkatan ini? Tapi untuk dapat mencapai gelar ini, kamu perlu untuk menyelesaikan pendidikan setingkat Strata 1 atau diatasnya.

Jokowi didampingi dua asisten ajudan presiden | Foto: YouTube Sekretariat Presiden
info gambar

Gaji dan tunjangan yang diterima oleh IPDA

Masing-masing gaji yang diterima oleh anggota kepolisian sudah diatur dalam PP No. 17 tahun 2019. Disebutkan bahwa dalam satuan POLRI, terbagi menjadi 4 golongan penggajian. Seorang perwira bergelar IPDA sendiri, masuk dalam golongan III Perwira Pertama (PAMA) dengan gaji berkisar antara Rp2.735.300 hingga Rp4.425.200.

Seperti pejabat pemerintahan dan aparat negara, anggora POLRI juga berhak menerima tunjangan kerja. Meliputi tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural dan tunjangan umum.

Bagi IPDA, yang sudah ada di tataran Perwira. Mereka berhak untuk mendapatkan tunjangan di level kelas 7. Di mana, keseluruhan akumulasi tunjangan kerja selama 1 bulan berkisar di angka Rp2,92 Juta.

Jika di total, seorang IPDA dalam 1 bulan akan mendapatkan setidaknya gaji berkisar di angka Rp5,67 Juta - Rp6,95 juta. Ini sudah termasuk gaji pokok dan tunjangan kepolisian.

Tapi, nilai ini akan berbeda di masing-masing wilayah kerja. Karena, setiap provinsi, wilayah di Indonesia memiliki aturan dan kebijakannya sendiri. Namun, tidak akan jauh berbeda dari angka tersebut.

Selain itu, aturan penggajian bagi anggota kepolisian ini juga dapat berubah sewaktu-waktu. Mengikuti aturan dari pemerintah pusat dan sumber pendapatan negara pada saat itu.

Mengenal Pangkat Aiptu di Kepolisian dan Besaran Gajinya
Sumber:
https://humas.polri.go.id/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/08/15/mengenal-jenjang-jabatan-yang-ada-di-kepolisian-ri
https://katadata.co.id/safrezi/berita/61e7d0a9cff41/daftar-lengkap-gaji-polisi-dan-tunjangan-berdasarkan-pangkat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
KO
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini