Serunya Liburan Singkat di Jawa Timur Park 1

Serunya Liburan Singkat di Jawa Timur Park 1
info gambar utama

Jawa Timur Park atau yang lebih sering disebut sebagai Jatim Park merupakan destinasi wisata populer di Kota Batu, Jawa Timur. Bagi para wisatawan yang sudah pernah ke Kota Batu sebelumnya, sudah pasti pernah mengunjungi Jatim Park setidaknya satu kali.

Jatim Park merupakan area rekreasi yang tidak akan pernah sepi dan selalu ramai dikunjungi wisatawan walaupun sudah beberapa kali mengunjungi taman rekreasi ini. Jatim Park di Kota Batu sendiri terdiri dari beberapa area wisata, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. Ketiganya masih berlokasi di Kota Batu, tetapi memiliki wahana dan tema rekreasi yang berbeda.

Jika memiliki waktu liburan singkat, Jatim Park 1 bisa menjadi destinasi. Pengunjung dapat menikmati Jatim Park 1 dari pagi hingga sore. Jatim Park 1 merupakan taman rekreasi pertama yang dibangun oleh Jatim Park Group pada 2001 dan masih aktif beroperasi hingga saat ini. Lokasi Jawa Timur Park 1 berada di Jalan Kartika Nomor 2, Kota Batu.

Deretan Museum di Bogor Ini Cocok Jadi Tujuan Jalan-jalan

Taman rekreasi ini berfokus pada edukasi dan wahana rekreasi bagi pengunjung. Dari tahun ke tahun, Jatim Park 1 terus mengembangkan wahana edukasi dan rekreasi mereka, seperti memperkenalkan wahana-wahana baru. Sehingga, pengunjung tidak akan merasa bosan saat mengunjungi Jatim Park 1.

Kini, terdapat berbagai macam paket tiket masuk ke Jatim Park 1. Pengunjung dapat memilih tiket masuk sesuai dengan kebutuhan masing-masing yang bisa dibeli langsung di tempat maupun secara online melalui website resmi Jatim Park 1, serta aplikasi travelling seperti Traveloka, Tiket.com, dan lain-lain. Jatim Park 1 memiliki jam buka setiap hari mulai pukul 08.30 WIB hingga tutup pukul 16.30 WIB. Berikut rincian tiketnya:

Weekday

  1. Jatim Park 1 + Museum Tubuh : Rp100.000
  2. Museum Tubuh : Rp40.000
  3. Jatim Park 1 + Museum Angkut : Rp140.000

Weekend

  1. Jatim Park 1 : Rp100.000
  2. Jatim Park 1 + Museum Tubuh : Rp130.000
  3. Museum Tubuh : Rp60.000
  4. Jatim Park 1 + Museum Angkut : Rp170.000

Jika anda memilih paket tiket Jatim Park 1 dengan Museum Angkut, terdapat shuttle car gratis yang dapat anda gunakan untuk menuju ke Museum Angkut, maupun kembali ke Jatim Park 1. Paket tiket yang populer dipilih saat weekday merupakan tiket terusan Jatim Park 1 serta Museum Tubuh. Lokasi Museum Tubuh sendiri atau yang memiliki nama lain Museum Bagong terletak di Jatim Park 1.

Sebelum masuk ke Jatim Park 1, pengunjung akan diarahkan untuk masuk ke Museum Bagong terlebih dahulu. Museum Bagong sendiri menawarkan edukasi tentang organ tubuh manusia. Pengunjung bisa belajar dan mendapatkan informasi yang menarik dan lengkap mengenai organ tubuh manusia ditemani oleh kakak-kakak pemandu yang ramah dan informatif.

Setelah tur di Museum Bagong selesai, pengunjung bisa lanjut masuk ke Jatim Park 1 dengan menunjukkan tiket terusan yang sudah dipakai sebelum memasuki Museum Bagong. Begitu memasuki Jatim Park 1, pengunjung langsung disapa dengan instalasi budaya-budaya Indonesia.

RI, Thailand, dan Malaysia Gunakan Mata Uang Lokal untuk Transaksi Bilateral

Pengunjung bisa menikmati sambil belajar budaya-budaya dari seluruh Indonesia melalui berbagai macam artefak. Terdapat banyak sekali cerita dan sejarah dari berbagai macam suku seperti etnik Sumatera, etnik Jawa, etnik Madura, etnik Jawa-China, etnik Papua, etnik Jawa Timur dan masih banyak lagi.

Wahana Jawa Timur Park 1

Jatim Park 1 memiliki lebih dari 60 wahana atraksi dan berbagai macam fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Wahana populer yang ada di Jatim Park 1 adalah Himalaya Coaster, Superman Coaster, Flying Tornado, dan Sky Ride. Namun, wahana atraksi lainnya tidak kalah seru untuk dicoba seperti Gokart, Bumper Car dan masih banyak lagi.

Tidak hanya wahana atraksi, di Jatim Park 1 terdapat waterpark yang memiliki nama Funtastic Swimming Pool untuk anak-anak maupun dewasa yang dilengkapi dengan sewa ban. Tersedia juga kolam arus yang memutari area waterpark untuk anak-anak.

Area Waterpark Jawa Timur Park 1 © Dokumentasi Pribadi
info gambar

Selain wahana atraksi dan kolam renang, terdapat area aquarium yaitu Fish Park. Pengunjung dapat belajar dan melihat-lihat langsung hewan-hewan air unik dan predator air seperti ikan hiu, piranha, peacock bass, ikan louhan, dan masih banyak jenis ikan lainnya. Jatim Park 1 memiliki fasilitas yang lengkap sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir jika membutuhkan sesuatu.

Terdapat fasilitas foodcourt dengan pilihan makanan yang lengkap. Jika waktunya beribadah bagi yang muslim dapat menuju ke mushola yang lebar dan bersih. Toilet juga mudah ditemui di area Jatim Park 1, dan tentunya wangi serta bersih. Jika pengunjung membawa banyak barang, terdapat loker untuk menitipkan barang yang bisa disewa dengan harga Rp15.000.

Jika pengunjung sudah selesai berwisata di dalam area Jatim Park 1, saat jalan keluar pengunjung bisa menikmati dan membeli di pasar wisata. Terdapat berbagai macam oleh-oleh untuk dijadikan buah tangan atau kenang-kenangan. Seperti kaos, topi, dan gantungan kunci.

Tersedia juga berbagai macam makanan dan snack khas Batu seperti manisan apel, keripik buah-buahan dan masih banyak lagi. Pengunjung dapat membeli atau hanya sekedar melihat-lihat di pasar wisata. Harga yang ditawarkan di pasar wisata ini cukup murah sesuai standar tempat wisata.

Wajah Baru TMII Hadirkan Atraksi dan Wahana Berkonsep Zona Hijau

Hingga saat ini, Jawa Timur Park 1 masih menjadi destinasi wisata populer untuk keluarga maupun dengan kolega. Untuk memasuki area Jatim Park 1, pengunjung diperbolehkan untuk membawa snack dan minuman serta makanan bayi. Namun, tidak diperbolehkan untuk membawa makanan berat. Jatim Park 1 juga ramah bagi pengunjung yang memiliki disabilitas.

Area jalur di dalam Jatim Park 1 bisa diakses dengan mudah untuk kursi roda atau stroller bayi. Jika mengunjungi Jatim Park 1 saat weekend, pastikan datang pagi atau lebih awal.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini