Menakjubkan! 6 Destinasi Wisata Tersembunyi di Pulau Enggano

Menakjubkan! 6 Destinasi Wisata Tersembunyi di Pulau Enggano
info gambar utama

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki banyak objek wisata yang belum dijelajahi dan disorot oleh mata wisatawan lokal hingga mancanegara. Keindahan alam dari kepulauan di Indonesia terbentang dari ujung barat hingga ujung timur cakrawala.

Terdapat banyak pulau-pulau eksotis yang memiliki keindahan alam yang unik sesuai dengan karakteristik tiap daerah. Pada kesempatan kali ini kita akan menjelajahi keindahan alam di salah satu pulau terluar di bagian barat Indonesia, yaitu Pulau Enggano!

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di timur pulau Sumatera yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Terbagi menjadi 6 desa administratif dan memiliki gugusan pulau-pulau kecil di sekitar pulau utama, Pulau Enggano menawarkan keindahan alam yang khas dan sulit ditemui di wilayah lain di Indonesia.

Naismith Trophy, Trofi Bola Basket Paling Bergengsi yang Kini Diboyong ke Indonesia

Kehidupan bermasyarakat di pulau kecil yang satu ini masih sangat erat dengan budaya gotong royong dan adat lokal yang masih kental.

Pulau Enggano memiliki keindahan alam yang terbentang dari ujung Desa Banjarsari hingga Desa Kahyapu. Objek daya tarik wisata terdiri dari keindahan pesisir, danau alami, hingga struktur bebatuan alami. Banyak pula potensi kegiatan yang dapat dilakukan di sepanjang kawasan pulau, seperti kegiatan birdwatching, berkemah, berselancar, hingga menyelam.

Melangkahlah bersama kami dalam perjalanan untuk menyelami pesona alam Pulau Enggano dan siapkan diri untuk melakukan petualangan tak terlupakan di tempat-tempat berikut!

1. Pulau Dua

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Apabila Kawan GNFI mendatangi Pulau Enggano menggunakan kapal feri, Kawan akan melihat Pulau Dua dalam pandangan ketika bersandar di dermaga Kahyapu. Pulau Dua merupakan pulau kecil yang berada di sisi selatan Pulau Enggano.

Secara historis, Pulau Dua merupakan tempat tinggal penduduk asli Pulau Enggano. Namun karena suatu alasan, Pulau Dua ditinggalkan hingga tidak berpenduduk hingga hari ini. Pulau Dua menawarkan keindahan pantai serta ekosistem pantai yang memukau dan masih alami.

Banyak aktivitas yang dapat Kawan GNFI lakukan di Pulau Dua, di antaranya adalah memancing, snorkling, tracking, atau menikmati pemandangan.

Ide Inovatif Pengembangan UMKM berupa Lilin Aromaterapi Berbasis Virgin Coconut Oil (VCO)

2. Bak Blau

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Bak Blau merupakan destinasi wisata wajib yang Kawan GNFI harus kunjungi ketika mengunjungi Pulau Enggano. Bak Blau merupakan sumber mata air biru yang langsung bermuara ke laut. Bak Blau berarti ‘mata biru’ dalam bahasa Enggano yang menggambarkan warna kolam ini yang berwarna biru kehijauan. Destinasi wisata ini telah cukup dikembangkan dari segi fasilitas, tetapi tidak menghilangkan keindahan alami-nya, sehingga cocok untuk kegiatan berwisata Kawan GNFI.

3. Batu Lobang (Pantai Komang)

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Salah satu destinasi wisata unggulan Pulau Enggano ini menawarkan atraksi berupa struktur bebatuan yang unik di daerah pantai. Pantai Komang atau yang kerap disebut Batu Lobang merupakan atraksi wisata yang berada di sebalik Pulau Enggano dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai ini memiliki susunan tebing yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

Akses untuk ke Batu Lobang terbilang cukup sulit karena harus menaiki sampan untuk dapat sampai ke lokasi, tetapi usaha tersebut akan terbayarkan dengan keindahan pantai dan tebing alami yang masih asri. Kawan GNFI dapat melakukan kegiatan seperti menyelam, berenang, dan bermain di pantai yang bersih.

Opak Sumedang Emak Emoh dan Perbedaan Etos Kerja Antar Generasi

4. Pantai Senggol

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pantai yang satu ini merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang terletak di jalan utama Pulau Enggano. Pantai Senggol terletak di jalan utama simpang Trans-Malakoni. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan indah serta hamparan pasir yang cukup luas untuk dijelajahi.

Pantai Senggol sudah cukup diperhatikan oleh lembaga setempat sebagai objek daya tarik wisata, pasalnya Kawan GNFI dapat melewati akses jalan yang cukup bagus untuk mencapai ke pantai dan terdapat banyak pedagang yang akan memudahkan Kawan membeli kebutuhan yang menunjang kegiatan wisata.

5. Danau Pulau

Danau Pulau merupakan pilihan objek wisata berupa danau di tengah pulau kecil di tengah samudra. Danau Pulau terletak di wilayah administratif Desa Kaana dan berjarak kurang lebih 3 km dari jalan utama Pulau Enggano. Di sekitar lokasi Danau Pulau terdapat banyak tempat untuk mendirikan tenda dan menikmati suasana tenang di danau yang dikelilingi oleh hutan tropis yang masih asri.

6. Pantai Podipo

Pantai Podipo terletak di bagian selatan Pulau Enggano dan tergabung dalam wilayah administratif Desa Kahyapu. Pantai yang satu ini memiliki daya tarik berupa air laut yang berwarna hijau tosca dan hamparan pasir putih yang sangat indah.

Kawan GNFI dapat datang dan mengunjungi pantai ini untuk kegiatan wisata seperti bermain di pantai, menyelam, hingga mengarungi indahnya air laut dengan sampan. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Pantai Podipo dengan kamera ataupun drone sehingga petualangan yang Kawan lakukan dapat dikenang.

Petualangan untuk menjelajahi keindahan alam di Pulau Enggano pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Perlu diperhatikan bahwa petualangan Kawan untuk menjelajahi beberapa destinasi wisata alam yang telah disebutkan mungkin memerlukan usaha ekstra untuk mencapai lokasi, oleh karena itu jangan lupa untuk melakukan persiapan yang cukup matang dalam menyiapkan penjelajahan.

Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan serta kelestarian lingkungan di destinasi wisata yang akan kawan kunjungi. Jangan lupa pula untuk mendokumentasikan kegiatan petualangan Kawan GNFI di Pulau Enggano agar dapat menjadi memori yang tidak terlupakan!

Cegah Longsor, Mahasiswa KKN Tanami Rumput Vetiver di Area Rawan Longsor

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KE
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini