Ada Fitur Terbaru di WhatsApp, Apa sajakah itu?

Ada Fitur Terbaru di WhatsApp, Apa sajakah itu?
info gambar utama

Cabang perusahaan Meta milik Mark Zuckerberg, yaitu WhatsApp, telah hadir pembaruan yang banyak dibicarakan netizen. Pasalnya pembaruan yang dilakukan adalah penambahan fitur saluran/channel.

Diketahui bahwa pembaruan ini diluncurkan untuk global pada 13 September 2023 lalu. Lebih dari 150 negara dapat mengaksesnya. Hal ini banyak diperbincangkan karena fiturnya yang menyerupai Instagram dan masih banyak netizen mempertanyakan keamanannya.

Unik dan Berkelanjutan, Indonesia Pamer Subak di 18th World Water Congress Beijing

Dari hal itu WhatsApp mengklaim jika fitur Saluran di WhatsApp bersifat "Lebih Privat dan Paling Privat" untuk menerima informasi baru yang penting dari saluran yang Kawan GNFI ikuti. WhatsApp melindungi informasi pribadi admin serta pengikut dari saluran.

Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp

Fitur Terbaru Aplikasi WhatsApp
info gambar

Sebelum diluncurkan secara global WhatsApp melakukan uji coba di 10 negara agar dapat menerima feedback perbaikan, Berikut ini adalah fitur terbarunya:

1. Direktori yang Disempurnakan: sekarang Kawan GNFI dapat menemukan saluran untuk diikuti yang otomatis disaring berdasarkan negara Kawan. Di sini juga dapat melihat saluran yang baru dibuat, paling aktif, dan terkenal berdasarkan jumlah pengikut.

2. Tanggapan: Kawan dapat menanggapi menggunakan emoji untuk memberikan saran dan melihat jumlah seluruh tanggapan. Cara Kawan menanggapi tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

3. Edit: segera hadir, admin nantinya dapat mengubah pembaruan mereka hingga 30 hari, sebelum akhirnya menghapus pembaruan tersebut secara otomatis dari server.

4. Penerusan: ketika Kawan GNFI meneruskan Pembaruan ke chat atau grup, upaya tersebut akan menyertakan tautan kembali ke saluran tadi sehingga orang-orang dapat mengetahui lebih lengkap.

Rayakan 50 Tahun Persahabatan, Korsel Siap Dukung Visi Indonesia Emas 2045

Manfaat Fitur Saluran di WhatsApp

Dari adanya fitur ini, Kawan akan merasakan manfaatnya yaitu:

1. Mendapatkan informasi yang kredibel dan up-to-date dari sumber yang terpercaya. Saluran yang muncul dan ada di aplikasi ini juga sudah terverifikasi oleh pihak perusahaan WhatsApp.

2. Menambah wawasan dari konten yang diberikan saluran. Dari Saluran uang kita ikuti otomatis akan dapat dinikmati kontennya.

3. Mempermudah menerima akses berita terbaru yang dapat langsung di bagikan ke chat ataupun ke grup WhatsApp.

4. Mempermudah pemerintah atau pihak terkait dalam penyampaian informasi seperti gempa bumi, tsunami, ataupun informasi-informasi edukasi.

Dari manfaat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat banyak manfaat dari fitur ini yang berkaitan dengan informasi dan pemberitaan dari sumber yang sudah terverifikasi oleh perusahaan WhatsApp sendiri.

Saluran WhatsApp lebih mirip Instagram

Dari pembaruan ini pula terdapat hal menarik yang dimiliki WhatsApp yaitu fitur status yang lebih mirip tampilan status Instagram. Ini memang bukan hal yang mengejutkan pasalnya WhatsApp dan Instagram adalah perusahaan yang bernaung di satu tempat.

Dan penambahan fitur yang kawan GNFI tahu adalah dapat memberikan reaksi di sebuah pesan, sebenarnya telegram telah lama memiliki fitur tersebut. Walaupun penambahan fitur ini tidak tergolong baru.

Oh iya, Saluran di aplikasi WhatsApp ternyata bukan hanya berisi channel berita ataupun pemerintah, tetapi juga terdapat channel tokoh papan atas dari lokal hingga global. Agar para fans dapat mengetahui informasi dari tokoh tersebut.

Diberitahukan bahwa ini baru permulaan yang diberikan WhatsApp. Mereka akan menambahkan lebih banyak lagi serta terus mengembangkan Saluran. Ke depannya, WhatsApp akan memungkinkan semua orang untuk membuat saluran secara pribadi.

Sebelum menyebarkan suatu berita pastikan kita melihat isi beritanya dan jangan langsung ditelan mentah-mentah. Karena walaupun terpercaya terkadang pemberitaan masih rawan salah.

Malaysia Temukan 2 Arca Abad ke-8 Identik dengan Artefak Kerajaan Sriwijaya

Referensi:
https://blog.whatsapp.com/whatsapp-channels-are-going-global

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini