Tembok Besar China: Megahnya Mahakarya Hebat dari Warisan Tiongkok

Tembok Besar China: Megahnya Mahakarya Hebat dari Warisan Tiongkok
info gambar utama

Berkelok-kelok melintasi lembah dan perbukitan bangunan kuno ini begitu tersohor ke seluruh penjuru dunia. Tak lekang oleh waktu dan tetap berdiri kokoh meski telah berusia ribuan tahun. Ini lah Tembok China sebuah mahakarya monumental orang-orang Tiongkok di masa lampau.

Republik Rakyat Tiongkok atau lebih familiar dikenal sebagai negara China, merupakan sebuah negara penuh dengan inovasi dan karya-karya spektakuler. Masih berdiri hingga kini Tembok Besar China adalah salah satu bukti nyata.

Kaleidoskop 2023: Geliat Pariwisata Indonesia Cetak Beragam Prestasi

Great Wall of China atau Tembok Besar China sudah lama ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Tembok ini juga menyandang sebagai bangunan terpanjang di dunia yang dibuat manusia. Sebuah prestasi arsitektur pertahanan kuno yang menakjubkan. Jalurnya yang berkelok-kelok di atas pedesaan yang terjal dan pegunungan yang curam menyuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Satu hal yang membuat tembok ini begitu populer adalah karena ukurannya yang tak masuk akal, meski saat itu teknologi belum maju seperti sekarang. Namun mereka mampu membangun tembok yang memiliki ukuran yang sangat besar. Lebarnya saja rata-rata mencapai 6-7 meter, sedangkan tingginya mencapai 8 meter.

Untuk panjangnya sendiri diperkirakan mencapai 21.196 kilometer. Membentang dari tepi laut timur ke gurun barat di China Utara , berkelok-kelok melintasi pegunungan dan dataran tinggi terjal tembok besar membentang melintasi 15 provinsi, kota madya, dan daerah otonom Tiongkok Utara dari laut Bohai di timur hungga Gurun Gobi.

Ada 15 lintasan penting secara geografis yang dibangun di sepanjang rute. Tembok Besar China dibangun dengan berbagai bahan, sebagian besar yang kita lihat sekarang dibangun dengan batu bata dan batu yang dipotong berbentuk balok. Sementara itu semen kapur digunakan untuk menyatukan dan merekatkan batu-batu itu.

Tembok besar China memiliki akar sejarah yang sangat panjang, ini dibangun untuk melindungi wilayah mereka. Visinya adalah untuk melindungi tanah dari penyusupan Nobiden Utara. Selama ribuan tahun jauh sebelum China diikat menjadi satu negara, selama periode berperang tembok semacam ini sangat membantu mengamankan perbatasan.

Pembangunan Tembok Besar China berlangsung selama berabad-abad dan melibatkan berbagai dinasti yang berkuasa pada saat itu. Pembangunan tembok dimulai sekitar abad ke-3 sebelum masehi dan terus berlanjut hingga abad ke-17 masehi. Dalam rentang waktu yang sangat panjang ini, tembok terus diperluas, diperbaiki, dan direnovasi oleh pemerintah yang berbeda.

Kaleidoskop 2023: Budaya Sebagai Alat Pembangunan, Budaya Indonesia yang Kian Mendunia
 Tembok Besar China Tampak dari Kejauhan | Foto: JLB1988/pixabay.com
info gambar

Sebagian besar kontruksi awal tembok China dilakukan selama Dinasti Qin pada abad ke-2 sebelum masehi. Namun sebagian besar tembok yang masih ada saat ini berasal dari Dinasti Ming yang memperkuat dan memperluas struktur tersebut pada abad ke-14 hingga ke-17 masehi.

Dalam total pembangunan dan perbaikan Tembok Besar China berlangsung selama lebih dari 2000 tahun. Menjadikannya salah satu proyek konstruksi terbesar dan paling ikonik dalam sejarah manusia. Untuk membangun tembok sebesar ini, dibutuhkan sangat banyak sumber daya, tidak ada data yang pasti mengenai jumlah pekerja yang terlibat dalam pembangunan Tembok Besar China, karena proyek ini melibatkan berbagai dinasti dan dilakukan selama periode waktu yang sangat panjang.

Namun, diperkirakan bahwa jutaan pekerja terlibat dalam pembangunan dan pemeliharan Tembok Besar China selama berabad-abad.

Dalam beberapa periode pekerjaan pembangunan dilakukan oleh tentara tahanan dan pekerja paksa. Selain itu, masyarakat lokal juga turut serta dalam pembangunan tembok, baik secara suka rela maupun melalui sistem kerja paksa.

Pembangunan Tembok Besar China merupakan upaya yang masih dan melibatkan kerja keras serta sumber daya manusia yang besar selama berabad-abad. Salah satu fakta menariknya adalah setiap batu diukir dengan nama para pekerja beserta tanggung jawab masing-masing.

Berkah Kesuburan Industri Kopi yang Membangun Malang Raya pada Masa Kompeni

Kini di zaman modern tembok berusia ratusan tahun ini tetap berdiri kokoh memancar pesonanya ke seantero dunia. Tak heran bila Tembok Besar China menjadi salah satu daya tarik tujuan wisata paling populer di negeri Tirai Bambu. Ada jutaan wisatawan yang menginjakkan kakinya di sini setiap tahun.

Singkatnya Tembok Besar China adalah hasil kerja keras yang tak terhitung jumlahnya selama 2000 tahun dan merupakan rekayasa arsitektur kuno yang mengagumkan. Ini juga mencerminkan betapa luar biasanya bangsa Tiongkok kala itu. Seiring bergulirnya waktu, karya luar biasa ini tetap kokoh berdiri menjadi sebuah kebanggaan sekaligus simbol kebesaran bagi warga Negara Tiongkok hingga detik ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini