20 Oleh-oleh Khas Jogja, Ada Cemilan hingga Souvenir!

20 Oleh-oleh Khas Jogja, Ada Cemilan hingga Souvenir!
info gambar utama

Jogja atau Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi saat liburan. Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa membawa oleh-oleh dari Kota Pelajar ini.

Jogja memiliki banyak makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, misalnya bakpia. Namun, oleh-oleh khas Jogja sebetulnya tidak hanya bakpia. Banyak kudapan hingga cinderamata lain yang cocok untuk buah tangan.

Oleh-oleh Khas Jogja yang Awet

1. Bakpia

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja yang terkenal dan melegenda sejak 1948. Beberapa gerai bakpia yang populer di antaranya Bakpia Pathok, Bakpia Kurnia Sari, hingga Bakpia Kukus Tugu Jogja yang kekinian.

2. Yangko

Yangko terbuat dari adonan tepung ketan dan dibungkus dengan tepung gula. Oleh-oleh khas Jogja ini memiliki tekstur yang kenyal hampir mirip dengan mochi.

3. Keripik Belut

Camilan keripik belut termasuk oleh-oleh khas Jogja yang wajib untuk dibeli. Makanan ini bercita rasa gurih, dan biasa dijumpai di wilayah Godean, Kabupaten Sleman.

4. Cokelat Monggo

Cokelat asli buatan Jogja ini terbuat dari kadar cokelat yang bervariasi sehingga bisa menyesuaikan selera dan keinginan pembeli. Cokelat Monggo sebagai untuk oleh-oleh khas Jogja yang lezat dan romantis.

5. Lapis Jogja

Oleh-oleh khas Jogja berikutnya adalah kue lapis. Dengan harga kurang dari Rp50 ribu, wisatawan bisa membawa satu kotak Lapis Jogja dengan banyak varian rasa dari cokelat, keju, hingga green tea.

Tak Ada Lagi Kopi Joss di Malaysia? ke Jogja Saja!

6. Gudeg Kaleng

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan. Belakangan mulai bermunculan gudeg dalam kaleng yang bisa dibuat sebagai oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama.

7. Belalang Goreng

Belalang goreng adalah jajanan khas Gunung Kidul yang biasa dijual di tepi jalan-jalan daerah ini. Wisatawan cukup menyiapkan Rp30 ribu untuk mendapatkan satu toples belalang goreng untuk oleh-oleh dari Jogja.

8. Geplak

Geplak terbuat dari campuran tepung dan gula kelapa yang dikukus hingga padat. Makanan dari Kota Bantul ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja selain bakpia.

9. Peyek Tumpuk

Berbeda dengan peyek pada umumnya, peyek tumpuk khas Jogja memiliki bentuk tidak beraturan dan terlihat menempel satu sama lain. Camilan goreng ini sangat lezat dan mudah dibawa pulang.

10. Kopi Merapi

Kopi Merapi
info gambar

Wisatawan biasanya mampir ke Gunung Merapi saat berlibur ke Jogja. Kopi hasil perkebunan lereng Gunung Merapi di Warung Kopi Merapi patut untuk dicoba. Kisaran harga kopi merapi instan sekitar Rp15–25 ribu saja.

Rute Wisata Jogja yang Wajib Kamu Coba di 2023

Oleh-oleh Khas Jogja Selain Makanan

1. Souvenir Malioboro

Sepanjang jalan Malioboro menjadi tempat yang tepat untuk berburu oleh-oleh souvenir khas Jogja. Mulai dari kaos, gantungan kunci, aksesoris bida didapatkan wisatawan dengan harga yang murah.

2. Gerabah Kasongan

Kota Bantul, tepatnya di daerah Kasongan merupakan sentra industri gerabah di Jogja. Berbagai kerajinan gerabah seperti vas, hiasan dinding, asbak, cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

3. Selop Batik

Selain baju, batik di Jogja juga dijadikan bahan untuk mempercantik sandal. Selop batik khas Jogja ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang sangat unik.

4. Wayang

Wayang khas Jogja yang terbuat dari kulit sapi adalah buah tangan yang tepat untuk pada pencinta seni. Aneka kerajinan bertema wayang seperti hiasan dinding atau gantungan kunci juga bisa dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke kota ini.

5. Topeng Batik

Topeng batik juga menjadi salah satu souvenir yang hits dari Jogja. Topeng ini biasanya dijadikan sebagai hiasan dinding dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

Berwisata ke Tiga HeHa di Jogja

6. Patung Loro Blonyo

Patung Loro Blonyo adalah patung sepasang pengantin yang mengenakan busana pernikahan khas Jogja. Oleh-oleh khas Jogja ini dipercaya bisa membawa kebahagiaan bagi pasangan suami-istri.

7. Miniatur Becak/Onthel

Becak dan sepeda onthel merupakan kendaraan tradisional yang masih sangat eksis di Jogja. Para pengrajin memproduksi miniatur becak dan onthel untuk dijadikan oleh-oleh khas Jogja.

8. Mainan Tradisional

Oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang cocok untuk anak-anak adalah mainan tradisional. Di kota ini, mainan tradisional berupa gasing, ketapel, papan dakon, masih bisa ditemui di toko pernak-pernik khas Jogja.

9. Sandal Jepit Jogja

Sandal jepit dengan tulisan “I Love Jogja” juga cukup populer di kalangan wisatawan. Sandal jepit unik ini masih banyak diburu sebagai oleh-oleh khas Jogja.

10. Baju Batik

Batik Jogja
info gambar

Meski bukan sentra industri batik di Indonesia, Jogja juga terkenal dengan batiknya. Oleh-oleh baju batik bisa ditemukan di Pasar beringharjo, Mirota Batik, dan tempat lain yang menjual batik.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang awet dan oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang bisa dibawa pulang usai liburan. Kira-kira, mana yang paling cocok sebagai buah tangan?

Wisata Malam Hidden Gem di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini