Kemenyan, Sarat Akan Mistis, tetapi Punya Segudang Manfaat

Kemenyan, Sarat Akan Mistis, tetapi Punya Segudang Manfaat
info gambar utama

Kemenyan atau menyan, tumbuhan yang Kawan GNFI mungkin tidak asing. Dalam budaya di Indonesia kemenyan kebanyakan di gunakan untuk bahan spiritual dan bersifat mistik.

Kebudayaan di beberapa pulau seperti Jawa, Kalimantan, Maluku dan Bali masih ada beberapa yang menggunakan menyan sebagai pelengkap dari suatu tradisi atau pertunjukannya. Seperti di Jawa salah satunya yang terkenal adalah Kuda Lumping, kesenian ini kerap kali menggunakan menyan atau kemenyan sebagai bahan pelengkap dari sesajen.

Dibalik aura mistis yang menyelimuti dari bau kemenyan kerena dianggap sebagai pertanda kemunculan makhluk halus tetapi sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat dari tumbuhan yang masuk jenis wewangian ini. Mari mengenal lebih dalam tentang kemenyan.

Segudang Manfaat Kemenyan

Kemenyan, dikenal sebagai getah keras dari pohon Styrax benzoin, sering digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari keberlanjian spiritual hingga pengobatan kesehatan. Meskipun di Indonesia kemenyan sering digunakan sebagai dupa atau campuran rokok, kemenyan memiliki banyak manfaat yang praktis dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa manfaat kemenyan yang mungkin Kawan GNFI tidak ketahui:

Kisah Bunga Dandelion, Berasal dari Eropa Memberi Beragam Manfaat ke Manusia

1. Pereda Stres

Kemenyan dapat membantu meredakan stres karena memiliki efek sedasi (efek sedasi adalah efek yang dapat menghilangkan rasa cemas dan merilekskan syaraf-syaraf tubuh). Caranya Kawan bisa berendam di air yang sudah diberi tetesan minyak kemenyan ataupun jika memiliki menyan dalam bentuk padat Kawan GNFI dapat langsung membakarnya dan ditaruh di sudut-sudut kamar.

2. Mengusir Kuman

Kemenyan dapat digunakan untuk mengusir kuman dan menjaga kesehatan mulut. Kawan bisa meneteskan minyak kemenyan dalam diffuser minyak esensial untuk mengusir bakteri maupun kuman di setiap ruangan rumah. Untuk penggunaan di mulut ada beberapa produk perawatan mulut yang mengandung kemenyan Kawan bisa menggunakannya untuk menjaga kesehatan mulut.

3. Merawat Wajah

Kemenyan dapat membantu menjaga kesehatan wajah dan mengatasi masalah seperti pile, pimple, dan ketombe. Caranya adalah dengan mengusapkan minyak kemenyan ke bagian muka dan kepala. Namun, perlu diingat sebelum melakukan ini Kawan GNFI disarankan untuk konsultasi ke dokter terkait terlebih dahulu dan mengetesnya ke kulit tangan apakah ada alergi atau tidak.

Berkunjung ke Kampung Warna-Warni Malang, Sudah Pernah?

4. Meredakan Batuk dan Pilek

Kemenyan dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Aroma yang dikeluarkan dari pembakaran kemenyan padat ataupun harumnya wangi dari minyak kemenyan dapat membantu meredakan batuk dan pilek.

5. Pembersihan Rumah

Kemenyan dapat digunakan sebagai antiseptik untuk menghilangkan bakteri dan virus di rumah. Dalam hal ini cara yang dapat dilakukan sama seperti penjelasan yang awal di atas.

6. Menyamarkan Bekas Luka

Kemenyan selain dapat menghilangkan jerawat, bahan ini juga dapat bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka. Caranya cukup mudah, Kawan bisa mencampurkan minyak kemenyan dan minyak kelapa, lalu oleskan ke kulit yang memiliki bekas luka yang sudah kering.

Selain itu, kemenyan juga memiliki manfaat spiritual. Beberapa orang percaya bahwa keharuman kemenyan dapat meningkatkan intuisi dan hubungan spiritual. Selain itu, kemenyan juga dapat membantu memperdalam fokus dan konsentrasi, serta mencapai keadaan meditasi yang lebih mendalam.

Meskipun kemenyan sering digunakan dalam kegiatan spiritual, penggunaannya harus selalu dilakukan dengan bijak. Misalnya, konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan kemenyan, karena kemenyan dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau kondisi kesehatan yang Kita miliki. Selain itu, pastikan Kawan GNFI menggunakan produk kemenyan yang aman dan bersih, serta mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan.

Secara keseluruhan, kemenyan bukan hanya untuk mengusir setan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat yang praktis dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam aspek kesehatan dan kepercayaan spiritual.

Pak Abadi, Dapat Hadiah Umrah dari Hasil Kumpulkan Sampah di Pantai

Referensi:

  • https://www.guesehat.com/kemenyan-yang-seram-ternyata-banyak-manfaatnya
  • https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/kemenyan/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini