Lapis Bogor Sangkuriang, Buah Tangan dari Bogor nan Legit dan Menyehatkan

Lapis Bogor Sangkuriang, Buah Tangan dari Bogor nan Legit dan Menyehatkan
info gambar utama

Ada yang biasanya ditunggu ketika teman atau kerabat bepergian, yaitu buah tangan atau oleh-oleh. Setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri, karena itu oleh-oleh menjadi barang menarik untuk dinanti kedatangannya. Apalagi zaman sekarang, oleh-oleh tidak hanya terbatas pada cinderamata atau souvenir saja, tetapi juga makanan yang lezat dan membawa ciri khas daerah asal.

Kawan tentu sudah tidak asing mendengar Kota Bogor. Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat adalah salah satu kota tujuan wisata masyarakat Indonesia. Selain memiliki Istana Presiden Republik Indonesia dan Kebun Raya, Bogor juga memiliki panorama alam yang indah dan kesejukkan yang nyaman.

Bogor yang kaya hujan membuat aneka tanaman tumbuh subur di atas tanahnya. Salah satu di antaranya adalah tanaman talas. Talas Bogor memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan talas daerah lain. Selain ukurannya lebih besar, talas Bogor juga bisa diolah menjadi tepung yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar roti.

Namun, ada satu kekurangan talas yaitu getahnya mengandung kalsium oksalat yang menimbulkan rasa gatal jika tidak diolah dengan benar. Butuh ketrampilan tersendiri untuk mengolah talas Bogor menjadi kudapan yang lezat.

Legenda Warung Mak Beng, Ahlinya Olahan Ikan dan Sambal Terasi di Bali

Kawan dianjurkan memakai sarung tangan pada saat mengupasnya dan melumuri garam pada permukaan talas yang sudah dikupas. Hal ini menjadikan talas Bogor kurang praktis sebagai oleh-oleh. Sebab, proses pembawaannya yang harus hati-hati agar tangan tidak terkena getah umbi.

Celah inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh seorang perempuan bernama Rizka Romadhona. Rizka mengolah talas Bogor menjadi makanan legit nan praktis yang cocok dijadikan buah tangan.

Dikutip dari Wolipop, Rizka merupakan wanita di balik Lapis Talas Bogor Sangkuriang. Inspirasi usaha itu datang ketika ia sering merasa repot kala membawa buah talas dari Bogor sebagai oleh-oleh untuk saudara di kampung halamannya Surabaya, Jawa Timur.

Rizka yang memang hobi berdagang itu mempunyai ide untuk menjadikannya makanan siap saji yang lebih praktis dibawa. Kue lapis memang bukan panganan khas Bogor. Rizka terinspirasi untuk membuat produk tersebut dari kue lapis asal Surabaya.

Namun, ia membuatnya dengan bahan utama talas yang merupakan oleh-oleh khas Bogor. Kue lapis milik Rizka ini diklaim sebagai yang pertama meski saat ini cukup banyak 'peniru' yang menghadirkan olahan talas serupa. Saat ini, Kue Lapis Bogor Sangkuriang sudah memiliki empat outlet di Bogor, Jawa Barat.

Salah satu outlet lapis Bogor Sangkuriang terletak di dalam stasiun kereta api Kota Bogor. Jadi, bagi wisatawan Kota Bogor yang menggunakan transportasi kereta api bisa langsung membelinya tanpa kesulitan.

Outlet Lapis Bogor Sangkuriang Stasiun Bogor
info gambar
Dari Indomie Wagyu hingga Diplomasi Kuliner, Ini Dia Resto Haryanto di Dubai

Meskipun berbahan dasar talas, lapis Bogor Sangkuriang bercita rasa modern. Kelembutannya tidak kalah dengan lapis berbahan dasar terigu. Rasanya nan legit membuat lidah ingin selalu makan lagi.

Bentuk lapis Bogor Sangkuriang juga modern. Ada yang berbentuk kotak yang atasnya dihias dengan parutan keju. Ada yang dibuat seperti kue brownies. Dan ada yang berbentuk bulat seperti donat dalam kemasan satuan. Tentunya sangat menarik sebagai buah tangan bagi keluarga, teman, atau kerabat.

Selain rasa dan bentuk, ada satu lagi kelebihan lapis Bogor Sangkuriang yaitu manfaatnya bagi kesehatan. Talas bukanlah sembarang bahan makanan. Ia memiliki banyak kelebihan.

Dikutip dari Hellosehat, selain memiliki rasa yang gurih dan lezat, talas juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini sederet manfaat talas yang tentu bisa diperoleh demi hidup yang lebih sehat:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan
  2. Membantu menurunkan berat badan
  3. Meningkatkan kesehatan jantung
  4. Mengendalikan tekanan darah
  5. Mengontrol kadar gula darah

Jadi talas sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kawan tidak perlu ragu lagi untuk memakannya. Bagi yang tidak ingin repot mengolahnya bisa membeli kue lapis Bogor Sangkuriang. Mari berwisata sekaligus menikmati makanan khas daerah yang menyehatkan.

Legenda Putri Cantik Pecinta Kedamaian di Balik Nama Sirkuit Mandalika

Sumber referensi:

  • https://wolipop.detik.com/work-and-money/d-3086004/kisah-rizka-romadhona-wanita-di-balik-sukses-lapis-talas-bogor-sangkuriang
  • https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-talas-bagi-kesehatan/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini