Khoymah Arobiyah, Belajar Bahasa Arab Jadi Seru dan Menyenangkan

Khoymah Arobiyah, Belajar Bahasa Arab Jadi Seru dan Menyenangkan
info gambar utama

Bahasa Arab merupakan bahasa yang mulia terkhususnya bagi umat Islam. Bahasa Arab juga merupakan bahasa internasional ke-6 di dunia, sehingga penggunaannya tidak hanya terbatas di kawasan Asia Timur atau daerah Arab, namun juga digunakan dan dipelajari oleh banyak manusia di berbagai belahan dunia.

Terdapat banyak perspektif dan pandangan mengenai Bahasa Arab. Beberapa diantaranya berpendapat bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat sulit untuk dipelajari karena banyaknya perbedaan dengan Bahasa Indonesia meliputi perbedaan huruf, pengucapan, dan kaidah.

Pendapat lainnya menyatakan bahwa Bahasa Arab merupakan bahasa yang yang sulit dan membosankan untuk dapat dipelajari dan diimplementasikan pada kebutuhan komunikasi sehari-hari serta penciptaan karya seperti lagu dan puisi, padahal hakikatnya Bahasa Arab merupakan bahasa dengan sastra yang tinggi.

Banyaknya pendapat-pendapat miring mengenai kesulitan Bahasa Arab menjadi tantangan tersendiri bagi para pengajar bahasa Arab untuk menjadikan proses belajar Bahasa Arab menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Tantangan-tantangan itulah yang menjadi alasan terbentuknya komunitas Kemarab.id. Komunitas ini menawarkan proses pembelajaran bahasa Arab yang seru dan menyenangkan. Pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan pemfokusan tiap-tiap maharah atau kemampuan bahasa Arab per sesi waktu belajar.

Pembelajaran maharah meliputi maharahqiroah atau kemampuan membaca, maharahkitabah atau kemampuan menulis, dan maharahkalam atau kemampuan berbicara. Pembelajaran setiap maharah disesuaikan dengan kebutuhan siswa di jenjangnya.

Perfotoan para founder, tutor, dan perwakilan guru sekolah @dokumentasi pribadi

Kemarab.id dibentuk oleh 4 founder yang ahli dalam bidang pendidikan bahasa Arab. Diketuai oleh Al-Ustadz Muhammad Faruq sebagai direktur utama, ia berkolaborasi dengan co-founder lain seperti Al-Ustadz Rois Imron Rosi, Al-Ustadz Firman Nurul Fauzi, dan Al-Ustadzah Syafiyatul Maf'udah.

Pelaksanaan Khoymah Arobiyah yang diadakan oleh Kemarab.id pada tanggal 8—14 Januari 2024 adalah kegiatan pertama komunitas ini dan telah terlaksana dengan sukses, memuaskan, dan sangat membanggakan. Kemarab.id berkolaborasi dengan MTsN 1 Kabupaten Malang pada pelaksanaan Khoymah Arobiyah pertamanya.

Pendidikan Seks di Indonesia Masih Dianggap Tabu, Apa dampaknya?

Khoymah Arobiyah dilaksanakan selama satu minggu, bertempat di Villa Sumber Urip, Tlekung, Batu. Para siswa yang didampingi oleh guru datang pada pukul 11.00 dilanjutkan dengan proses check-in dan pembagian tanda pengenal sserta modul belajar dan kitab taysirul kholaq.

Acara dibuka pada hari Senin, 8 Januari 2024 pada siang hari, dilanjutkan dengan pelaksanaan pre-test bagi siswa. Pre-test dilaksanakan dengan pengerjaan soal-soal pilihan ganda yang berjumlah 35 soal, dan soal jawaban singkat berjumlah 5 soal. Soal-soal yang diberikan merupakan soal yang telah disesuaikan dengang materi bahasa Arab yang diajarkan di tingkat SMP/MTs.

Adapun modul belajar yang telah dibuat oleh tim Kemarab.id juga telah disesuaikan dengan materi bahasa Arab SMP/MTs sederajat mulai dari kelas 7—9. Pembelajaran bahasa Arab difokuskan pada 3 maharah yaitu maharah qiro'ah atau kemampuan membaca, maharah kalam atau kemampuan berbicara, dan maharah kitabah atau kemampuan menulis.

Masing-masing pembelajaran maharah dilakukan di sesi yang berbeda dengan tutor yang menguasai bidangnya sendiri-sendiri.

Kegiatan Khoymah Arobiyah didukung dengan dibentuknya lingkungan berbahasa Arab. Dalam area Khoymah Arobiyah, seluruh tutor, siswa, dan penjaga kantin bersama-sama melakukan komunikasi dan interaksi menggunakan bahasa Arab untuk membiasakan siswa mendengar dan melakukan praktek berbicara bahasa Arab dengan lingkungannya.

Kegiatan Khoymah Arobiyah mempunyai jadwal yang tetap. Kegiatan dimulai pada pukul 04.00 pagi untuk pelaksanaan sholat shubuh yang dilanjutkan dengan membaca Al-Qur'an bersama-sama. Setiap pagi dilaksanakan juga senam sehat sebelum memulai kegiatan shobahul lughoh.

Shobahul lughoh adalah kegiatan pemberian uslub dan mahfudzot yang bisa diterapkan sehari-hari. Setelah pelaksanaan shobahul lughoh selama kurang lebih satu jam, siswa dipersilahkan untuk mengambil sarapan yang telah disediakan dan mulai bergantian membersihkan diri untuk bersiap-siap menghadiri kelas yang dimulai pada jam 08.00. Pelajaran pertama adalah maharah qiro'ah atau kemampuan membaca.

Pelajaran kedua dilanjutkan dengan maharah kalam atau kemampuan berbicara, adapun pada pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab, para siswa akan langsung dibimbing oleh tutor-tutor yang berasal dari Mesir dan Sudan. Para siswa diberikan jeda istirahat untuk sholat dan makan sampai jam 1 siang.

Adapun kegiatan setelahnya adalah pembelajaran maharah kitabah atau kemampuan menulis. Pada sore hari, kegiatan dilanjutkan dengan permainan bahasa Arab yang seru dan menyenangkan. Setelahnya, para siswa diarahkan untuk bersih driri dan bersiap sholat maghrib.

Malang, Kota Pendidikan Paling Eksis di Indonesia

Senam pagi bersama siswa sebelum shobahul lughoh @dokumentasi pribadi

Kegiatan setelah sholat maghrib dilanjutkan dengan membaca kitab Taysirul Kholaq. Pada malam hari setelah sholat isya' dan makan malam, para siswa diarahkan untuk melakukan tajammu' lughowy atau perkumpulan bahasa.

Dalam perkumpulan pada hari pertama, siswa diberi motivasi tentang pentingnya bahasa Arab, pada hari selanjutnya tajammu' lughowy dilaksanakan dengan menonton film berbahasa Arab, dihari lainnya tajammu' lughowy dilaksanakan dengan latihan bakat berbahasa berupa seni oleh masing-masing siswa yang ditujukan untuk penampilan malam puncak di hari terakhir.

Tajammu' Lughowy memiliki beberapa bidang yang dapat dipilih, di antaranya adalah menyanyi bahasa Arab, MC, syi'ir, taqdimul qishoh atau bercerita, khitobah atau berpidato, dan juga masrohiyah atau yang disebut juga dengan drama.

Pada malam puncak, para siswa MTsN 1 Kabupaten Malang berhasil menampilkan masing-masing pertunjukkan dengan sangat baik dan mengagumkan. Pada hari terakhir, yaitu hari Minggu, 14 Januari 2024, seluruh tutor dan siswa mengikuti sesi foto bersama yang dilanjutkan dengan pelaksanaan post test atau ujian akhir. Tes akhir dilaksanakan dengan mengerjaan tes tulis dan tes kalam atau percakapan sesuai dengan materi yang telah dipelajari.

Pemberian hadiah bagi siswa siswa berprestasi oleh para tutor asing @dokumentasi pribadi

Masa Depan Indonesia: Anak Muda Optimis pada Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

Terdapat kesan pesan yang diberikan oleh beberapa siswa MTsN, salah satunya Roy. Pria ini menyampaikan bahwa kegiatan di Khoymah Arobiyah menjadikannya semangat untuk belajar bahasa Arab karena kegiatannya yang seru, tidak monoton, dan juga menyenangkan.

Pada sesi penutupan, terdapat pemberian hadiah bagi siswa dan siswi yang berprestasi yang dilihat dari kemampuan berbahasa Arab dan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan selama kemah bahasa Arab ini. Pemberian hadiah dilakukan oleh para tutor asing dari Mesir dan Sudan.

Direktur utama Kemarab.id, Muhammad Faruq, menyampaikan kesan yang dimilikinya saat mendampingi proses belajar bahasa Arab siswa, beliau menyampaikan kegembiraannya melihat semangat para siswa untuk belajar, beliau juga meminta maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang dari pelaksanaan program ini. Ia juga berpesan untuk para siswa agar melanjutkan belajar bahasa Arab karena merupakan bahasa yang mudah dan mulia.

Jangan lupa ikuti keseruan kegiatan kemah bahasa Arab selanjutnya di instagram @kemarab.id. Bagi teman-teman yang ingin bekerjasama dengan komunitas ini, bisa menghubungi penanggung jawab Kemarab.id, Al-Ustadzah Syafiatul Maf'udah dengan nomor WA: 085704613063.

Man Jadda Wajada, barang siapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini