7 Suku Bangsa Terbesar di Indonesia

7 Suku Bangsa Terbesar di Indonesia
info gambar utama

Berbicara tentang Indonesia, pasti banyak hal positif yang ingin di kupas darinya. Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga kaya akan suku bangsa. Dari Sabang hingga Merauke, setiap suku bangsa memiliki tradisi, bahasa, dan adat istiadat yang unik, menciptakan identitas yang memikat dan penuh warna bagi Indonesia.

Kondisi Georafis Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau membuat masyarakat tinggal di wilayah yang terpisah-pisah. Selain itu, banyak pendatang dari berbagai wilayah asing yang datang dan menetap di daerah ini, meningkatkan keberagaman etnis yang sudah ada. Hal ini membuat masyarakatnya membentuk identitas kelompoknya sendiri dengan keunikannya dan di perkuat dengan semangat ke Bhinekaan.

Dilansir dari laman Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) dalam Sensus Penduduk (SP) tahun 2010, tertcatat Indonesia memiliki lebih dari 300 etnik atau lebih tepatnya 1340 Suku Bangsa yang tersebar di seluruh Nusantara. Suku Jawa memiliki proporsi terbesar yaitu 40,05 persen dan di posisi kedua ada Suku Sunda sebesar 15,50 persen.

Kawan GNFI, dalam artikel ini akan membahas 7 suku terbesar di Indonesia. Selain Suku Jawa dan Sunda, ada suku apa lagi yang mendominasi di Indonesia? Simak ulasan berikut, ya!

Baca juga: Taman Nasional Siberut, Wisata Alam dan Budaya Suku Mentawai

Suku Jawa

Apakah terkadang Kawan heran, di mana-mana ada orang Jawa. Kadang kita menganggap pedagang yang lewat adalah orang-orang Jawa, tidak heran orang Jawa ada di mana-mana, karena suku Jawa adalah suku terbesar di Indonesia. Suku Jawa berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut data, sebesar 41,7 persen penduduk Indonesia merupakan etnis Jawa dan tersebar hampir di seluruh Indonesia. Tidak hanya tersebar di nusantara, Suku Jawa ternyata juga tersebar di Surename, Amerika Selatan. Jauh juga ternyata, ya Kawan!

Suku Sunda

Kumaha Damang Sadayana, Kawan GNFI pasti sering mendengar lafal tersebut. Itu adalah bahasa Sunda yang digunakan untuk menanyakan kabar. Kawan juga harus tahu, bahwa Suku Sunda juga termasuk salah satu suku terbesar di Indonesia, yaitu dengan jumlah penduduk sekitar 48,274 juta jiwa.

Perlu diketahui, Suku Sunda berasal dari bagian barat Pulau Jawa Indonesia. Dengan istilah tatar Pasundan yang mencakup wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, Lampung, dan bagian barat Jawa Tengah. Orang Sunda di kenal dengan sifat optimis, ramah, sopan, riang, dan bersahaja.

Suku Batak

Apa yang Kawan pikirkan mengenai Suku Batak? Pasti salah satunya adalah nada bicara orang Batak. Banyak yang berpikir kalau orang Batak itu kasar dan pemarah, tapi Kawan jangan menilai dari sisi luarnya saja. Orang Batak itu sangat suka menolong, hanya saja volume suara saat bicara terkesan marah-marah meskipun sebenarnya itu hanya obrolan biasa.

Batak yang kental dengan logatnya ini, ternyata termasuk salah satu suku terbesar di Indonesia, yaitu dengan jumlah penduduk 14,798 juta jiwa. Suku Batak merupakan nama bagi penduduk yang bermukim di pantai barat dan pantai timur Provinsi Sumatera Utara.

Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Toba, Karo, Pakpak, Simalungun, Angkola, dan Mandailing.

Baca juga: Penghormatan terhadap "Hula-hula": Budaya khas dalam Suku Batak Toba

Suku Madura

Suku terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Suku Madura. Jika dalam film, mungkin Kawan mudah untuk menebak kalau pemerannya adalah orang Madura. Dalam film sering kali menggambarkan orang Madura dengan kumis tebal, baju merah bergaris putih, dan sebagai penjual sate.

Jumlah Suku Madura di Indonesia sekitar 7,179 juta jiwa Kawan. Orang Madura yang di kenal dengan etos kerjanya yang tinggi, giat, dan ulet, ternyata suka merantau. Budaya merantau disebabkan daerah Madura kurang bagus untuk lahan pertanian.

Bukan hanya terbesar di wilayah Indonesia, tapi juga sampai ke Brunei Darussalam, Malaysia, dan Timur Tengah. Bahkan ada yang sudah mendapat IC (Identity Card), yang berarti mereka bisa tinggal di negara tersebut selamanya.

Suku Betawi

Membahas suku yang satu ini siapa yang tidak tahu. Suku Betawi adalah suku yang penduduknya bertempat tinggal di Jakarta. Suku yang dikenal dengan kebiasaan berpantunnya ini, juga termasuk salah satu suku terbesar di Indonesia. Jumlah penduduk Suku Betawi adalah sekitar 6,8 juta jiwa atau 2,88 persen dari penduduk Indonesia.

Suku Betawi sendiri merupakan suku yang tergolong baru di Jakarta, karena sebelumnya ada suku lain yang lebih dahulu menempati Jakarta diantaranya Sunda, Melayu, Jawa, Arab, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, Tionghoa, dan India.

Sekitar tahun 1945, orang Betawi di Jakarta menjadi minoritas karena imigrasi dari seluruh Indonesia. Mereka terdesak hingga pinggiran bahkan sampai keluar Jakarta.

Suku Minangkabau

Kalau bicara soal Minangkabau, Kawan terpikir tentang apa? Rumah Gadang atau Rendang? Ternyata Suku Minangkabau atau yang biasa kita sebut Minang, menampati posisi ke-6 suku terbesar di Indonesia, yaitu dengan jumlah 6,4 juta jiwa.

Orang Minang merupakan pewaris dari tradisi lama kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang suka berdagang dan dinamis. Jadi Kawan jangan heran, kenapa orang Minang itu menonjol di bidang bisnis.

Orang Minang juga termasuk suka merantau. Pada umumnya, mereka bermukim di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, Bandar Lampung, dan Surabaya. Bukan hanya di wilayah Indonesia saja, tapi juga sudah melalangbuana ke luar negeri seperti Kuala Lumpur, Singapura, Jeddah, Sidney, dan Melbourne. Jika membahas orang Minang jadi teringat rumah makan Padang, ya Kawan!

Baca juga: Merawat Serak Gulo, Tradisi Tebar Gula Masyarakat Keturunan India di Padang

Suku Bugis

Suku yang dikenal dengan Wong Panai ini, ternyata masuk daftar suku terbesar di Indonesia. Jumlah penduduk Suku Bugis adalah sekitar 6,3 juta jiwa. Bagi yang belum tahu, Bugis adalah etnik dalam wilayah Sulawesi Selatan. Saat ini orang Bugis tersebar dalam beberapa kabupaten yaitu Luwu, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, dan Barru.

Populasi orang Bugis tersebar di berbagai provinsi di Indonesia seperti Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau.

Karena Jiwa perantaunya, orang Bugis juga merantau sampai ke Malaysia, Filipina, Brunei Darusssalam, Thailand, Australia, Madagaskar, dan Afrika Selatan. Bahkan salah satu perdana menteri di Malaysia adalah keturunan Bugis.

Itulah 7 suku bangsa terbesar di Indonesia, kalau Kawan GNFI berasal dari suku apa, ya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini