5 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Ada yang Berstatus Siaga

5 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Ada yang Berstatus Siaga
info gambar utama

Indonesia memiliki 127 gunung berapi aktif, 19 di antaranya terletak di Pulau Jawa. Dari total tersebut, 12 gunung memiliki ketinggian melebihi 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ketinggian gunung ini mencapai 3.676 mdpl.

Selain Semeru, masih ada 4 gunung yang termasuk paling tinggi di Pulau Jawa. Beberapa di antara mereka bahkan berstatus waspada. Berikut ini, Good News From Indonesia telah merangkum lima gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Telomoyo Jawa Tengah, Satu-Satunya Gunung yang Bisa Didaki Menggunakan Kendaraan

Gunung Semeru

Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini sangat terkenal dengan puncaknya, Mahameru. Saat ini Gunung Semeru berstatus Level II atau siaga. PVMBG mencatat, Gunung Semeru mengalami 19 kali gempa letusan pada Senin (22/1/2023) pukul 00:00—06:00 WIB, dengan amplitudo 10—21 milimeter (mm) dan lama gempa 65—140 detik.

Sehari sebelumnya, pukul 00:00—24:00 WIB, Gunung Semeru mengalami 69 kali gempa letusan, tiga kali gempa guguran, 13 kali gempa embusan, dua kali harmonik, satu kali gempa vulkanik, dan empat kali gempa tektonik jauh.

PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat juga dilarang beraktivitas dalam radius 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Menelusuri Berbagai Macam Gunung di Malang

Gunung Slamet

Gunung Slamet menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dan tergolong gunung api strato berbentuk kerucut. Puncaknya bernama Puncak Surono, terletak di ketinggian 3.432 mdpl.

Gunung Slamet berada di dalam 5 wilayah kabupaten Jawa Tengah, yaitu Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga. Secara geografis, gunung ini terletak di posisi 7° 14’ 30’’ Lintang Selatan dan 109° 12’ 30’’ Bujur Timur.

PVMBG pada 19 Oktober 2023 menaikkan status Gunung Slamet dari Level I (normal) menjadi Level II (waspada). PVMBG merekam 2.096 kali gempa hembusan terjadi di Gunung Slamet selama 1—18 Oktober 2023. Kemudian, 3 kali gempa tremor harmonik, 2 kali gempa vulkanik dalam, 12 kali gempa tektonik lokal, 7 kali gempa tektonik jauh, dan tremor mennerus dengan amplitudo 0.2–6 mm (dominan 2 mm).

Aktivitas Gunung Slamet yang mengkhawatirkan akhir-akhir ini tentu tidak mengurangi keindahan alamnya. Gunung ini menyimpan keanekaragaman hayati yang menawan. Hutan Gunung Slamet terhampar seluas 31.200 hektare. Di dalamnya, terdapat pohon pinus, edelweis, elang jawa, monyet ekor panjang, anggrek hitam, dan spesies lainnya.

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup, Perkara Perubahan Pengelolaan?

Gunung Sumbing

Gunung ketiga tertinggi se-Pulau Jawa masih berada di Jawa Tengah, yakni Gunung Sumbing. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl, terletak di Kabupaten/Kota Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Secara geografis, posisinya di -7.384°LU dan 110.07°BT.

Puncak Gunung Sumbing bernama Puncak Sejati. Gunung Sumbing dihiasi kekayaan alam yang berlimpah. Hutan tropis bersusun di lereng-lereng gunung dan dihuni bermacam satwa liar, seperti kijang, berang-berang, dan serangga endemik, yang hanya dapat ditemukan di Gunung Sumbing.

Bukan itu saja, di sekitar Gunung Sumbing juga terdapat beberapa air terjun, di antaranya: air terjun Gondosuli, air terjun Jumog, dan air terjun Kembar.

Menilisik Asal Mula Lautan Pasir di Gunung Bromo, Berasal dari Gagalnya Kisah Cinta?

Gunung Lawu

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl, tertinggi keempat di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dan Magetan, Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak yang dianggap paling sakral di Pulau Jawa, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Itulah alasan masyarakat menyebutnya Wukir Mahendra Giri atau tiga gunung. Puncak Hargo Dumilah menjadi puncak tertinggi di Gunung Lawu. Keberadaannya ditandai dengan tugu triangulasi.

Di Gunung Lawu, terdapat warung tertinggi di Indonesia yang bisa jadi tempat persinggahan para pendaki. Namanya Warung Mbok Yem, terletak di Hargo Dalem. Warung ini sangat terkenal sebagai ikon Gunung Lawu. Warung Mbok Yem menyajikan berbagai menu, seperti nasi pecel, pisang goreng, mi rebus, nasi goreng, dan minuman hangat.

Mitos Letusan Gunung Slamet yang Akan Belah Pulau Jawa, Benarkah?

Gunung Arjuno

Gunung tertinggi kelima di Pulau Jawa, yaitu Gunung Arjuno. Gunung ini terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan, serta berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Gunung Arjuno tidak mempunyai kawah. Puncaknya bernama Puncak Ogal Agil yang memiliki ketinggian 3.399 mdpl. Terdapat beberapa objek wisata di kawasan Gunung Arjuno, salah satunya air terjun kakek bodo.

 Mengenal 16 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia, Ada Satu dari Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini