“Step Beyond the Wardrobe of Leadership” AFL Winter 2023 AIESEC in UNEJ

“Step Beyond the Wardrobe of Leadership” AFL Winter 2023 AIESEC in UNEJ
info gambar utama

AIESEC Future Leaders by AIESEC in UNEJ kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini (2024). AIESEC Future Leaders atau lebih dikenal sebagai AFL adalah suatu program yang bertujuan untuk mengmbangkan potensi dan jiwa kepemimpinan anak muda saat ini.

AIESEC Future Leaders Winter Peak by AIESEC in UNEJ dimulai pada bulan Oktober 2023, pelatihan selama 3 bulan ini diselenggarakan secara online pada platform Zoom dan diikuti oleh siswa/i pelajar SMA kelas 3 hingga mahasiswa dan mahasiswi angkatan 2021-2023.

Edisi kedua AIESEC Future Leaders by AIESEC in UNEJ mengusung Tema “Step Beyond the Wardrobe of Leadership”. Tema ini diambil dari kisah "Narnia" yang menggambarkan semangat dan daya juang para raja dan ratu Narnia.

Unleashing leadership and Problem Solving Skills with Youth Today x Join AIESEC in UNJ

AIESEC Future Leaders yang merupakan bootcamp pelatihan 3 bulan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan berupa materi yang disampaikan oleh pembicara-pembicara berpengalaman agar dampaknya mampu mengubah kehidupan para pesertanya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tentunya, para partisipan akan diajak untuk mengasah kemampuannya melalui berbagai sesi interaktif selama tiga bulan pelaksanaan AIESEC Future Leaders, terhitung dari bulan Oktober 2023 hingga bulan Januari 2024.

Kurikulum pembelajaran yang matang dan memiliki tingkat relevansi yang sepadan dengan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini seiring bertambahnya teknologi dan perubahan zaman juga telah dirancang untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam kegiatan AIESEC Future Leaders edisi kedua ini, terdapat beberapa sesi utama yaitu adanya bi-weekly Session, International Networking Space, Coaching Session, hingga Activating Leadership Support Activity.

Pada agenda bi-weekly Session, para partisipan mendapatkan pengetahuan materi setiap dua minggu sekali dari para pembicara yang berkompeten dan ahli pada bidangnya. Bi-Weekly Session yang diadakan pada bulan Oktober yang bertemakan salah satu dari raja Narnia, yaitu “King Edmund The Just dan tema ”Exploring themself better and widening their perspective about their surroundings as well as understanding a way to promote themselves."

Materi pada bulan Oktober ini diawali dengan “Discover Magical Mindset” yang disampaikan oleh Awardee LPDP dan juga Alumni Psikologi Universitas Padjadjaran, yaitu Kenny Valentino S.Psi. Kemudian, pada agenda bi-weekly session yang kedua pada bulan Oktober mengusung materi “Prominent Our Figure”.

Bi-weekly Session ini dibawakan langsung oleh Alumni Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya yang juga bekerja sebagai Leader Digital Marketing Officer (LDMO) di Scholars Official Digital Platform Education, yakni Putri Melta Sari.

Setelah agenda bulan Oktober selesai, AIESEC Future Leaders memasuki bulan kedua, yakni Bulan November. Pada bulan November, Bi- weekly Session mengusung tema yang diambil dari salah satu raja Narnia yang kedua, yaitu “King Peter the Magnificent”. Adapun tema besar yang diambil adalah “Achieve the perfect self-fundamental through problem solving and effective communication.”

Youth For Krakatoa, Talkshow Inspiratif oleh AIESEC in Unila dengan Pameran Budaya

Di Awal bulan November, Bi-weekly Session dimulai dengan materi yang sangat bermanfaat, khususnya bagi generasi muda, yakni ““Handling The Internal Battle”. Materi ini langsung dibawakan oleh expert, yakni Content Creator di Tiktok, Mental Health & Psychology Public Speaker, yaitu Almira Alna Rahmadira.

Tidak hanya itu, Bi-weekly Session pada bulan November dilanjutkan dengan materi “Arrange Your Field”. Materi tersebut dibawakan oleh alumni Hubungan Internasional Universitas Pertamina, yakni Keysta Puti Yesandi. Hal ini menunjukan pada bulan November, AIESEC Future Leaders memfokuskan materi terhadap bidang persiapan diri anak muda dalam mengatasi permasalahan baik di dalam dan di luar diri sendiri.

Pada bulan November juga diadakan AIESEC Future Leaders National Networking Space. National Networking Space adalah platform pertemuan para partisipan AFL AIESEC in UNEJ dengan AFL di Universitas lainnya di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, AFL in UNEJ berkolaborasi dengan AFL in UNTAN yaitu Universitas Tanjungpura dan AFL in UNSRI yaitu Universitas Sriwijaya. Agenda ini bertujuan untuk memperluas relasi dan juga mempelajari masing-masing budaya yang ada di daerah masing-masing.

Dengan tema “Culture-Land: Diving Into Indonesia's Cultural Exploration”, AIESEC Future Leaders National Networking Space berhasil dilaksanakan dengan baik dan berjalan lancar. Antusiasme dari para peserta yang berasal dari tiga daerah dan universitas berbeda tidak menghalangi semangat para partisipan AIESEC Future Leaders.

Selanjutnya adalah bulan terakhir periode AIESEC Future Leaders di Winter Peak. Pada bulan Desember ini mengusung tema yang diambil dari inspirasi ratu narnia yang lainnya, yaitu “Queen Lucy the Valiant” dengan tema besar “Become the bravest self to execute challenging environment“.

Di bulan Desember ini, Bi Weekly Session dibagi menjadi beberapa bagian, yakni First Check Point, Second Checkpoint, dan terakhir adalah Special Track Final Meeting. Pada first checkpoint ini membawa materi tentang “Enable the Quest : Mastering Your Interview”.

AIESEC In Unila Gelar Impact Circle 8.0 dengan Mengangkat Tema SDGs Nomor 12

Selanjutnya, pada second checkpoint dilakukan working hour untuk memberikan waktu kepada para delegates untuk mengerjakan tugas yang diberikan terkait Crafting Your Enchanted Persuasion. Tugas tersebut nantinya dipresentasikan oleh masing-masing kelompok, pada Special Track Final Meeting.

Setelah tiga bulan yang panjang telah dilalui, para partisipan AIESEC Future Leaders juga menerima Activating Leadership Support atau ALS. Para Partisipan diberikan kesempatan untuk memilih aktivitas lanjut apa yang ingin dilakukan melalui AIESEC. Pilihannya adalah mengikuti Local Project, Global Talent, and Global Volunteer, ataupun menjadi coach pada kegiatan AIESEC Future Leaders pada peak selanjutnya.

Tidak lupa, selain dari ALS yang diterima oleh para partisipan, selama mengikuti kegiatan AIESEC Future Leaders ini, para partisipan juga mengikuti kegiatan International Networking Space dengan representatif dari AIESEC in Kyoto, Japan dan AIESEC in Egypt.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini