Sendang Kasihan, Karomah Sunan Kalijaga yang Airnya Dipercaya Buat Awet Muda

Sendang Kasihan, Karomah Sunan Kalijaga yang Airnya Dipercaya Buat Awet Muda
info gambar utama

Sendang Kasihan sebuah pemandian yang berada di Kecamatan Kasihan, Bantul Yogyakarta memiliki kisah menarik. Konon sendang ini jadi saksi bisu kesaktian dari salah seorang Wali Songo, Sunan Kalijaga.

Dimuat dari Detik, masyarakat setempat mempercayai beberapa mitos mengenai pemandian ini. Salah satunya adalah mandi di Sendang Kasihan diyakini bisa memberikan pengasihan alias mudah mendapatkan jodoh.

“Cerita sendang ini kan terkenal dengan namanya yaitu Sendang Pengasihan. Pengasihan dalam arti luas kompleks, apalagi mengandung nilai sejarahnya. Dikatakan bahwa sumber mata air ini ditemukan oleh Sunan Kalijaga berarti ada karomahnya,” tutur pengelola Sendang Kasihan, Yudaryanto.

Mengenal Giri Kedaton, Pesantren Sekaligus Kerajaan Islam dari Gresik

Dilanjutkan oleh Yuda, Sendang Kasihan ditemukan Sunan Kalijaga saat sedang mengembara. Dalam pengembaraannya, Sunan Kalijaga tiba di daerah Kasihan yang kering dan tandus.

Sunan Kalijaga kemudian bertemu dengan Mbok Rondo, tetua di daerah itu yang sedang mencari air. Sunan Kalijaga kemudian bermunajat di tempat ini sambil menancapkan tongkat di daerah itu.

“Setelah bermunajat doa dan tongkat dicabut bekas tancapannya timbul sumber mata air,” jelas Yudi.

Kisah Rara Pembayun

Ada versi lain yang mengisahkan bahwa Sendang Kasihan terkait dengan cerita Rara Pembayun sebelum masuk ke Mangir. Rara Pembayun merupakan putri Panembahan Senopati atau Raja Mataram Islam pertama.

Sang putri bersama dengan para pengiringnya mandi dan juga mencuci muka di sendang ini. Konon, proses penyucian diri di sendang pengasihan bisa menambah kecantikan dan daya pikat Rara Pembayun sehingga mampu memikat Ki Ageng Mangir.

Sosok Sunan Prapen, Ulama Penjaga Tahta Kesunanan Giri Kedaton

Dipercaya orang yang pertama kali membangun sendang ini adalah Mbah Iro Diwiryo. Saat pertama kali dipugar, telah ditemukan dua patung dewa di tempat ini, sekarang kedua patung tersebut diletakkan di sisi barat sendang.

Beberapa pengunjung juga menggunakan kedua patung sebagai sarana berdoa setelah mengadakan ritual kumkum (berendam) di Sendang Kasihan. Mata air sendang tak pernah, dan kondisi airnya pun sangat bening.

Dipercaya berikan berkah

Masyarakat mempercayai tempat ini memiliki berkah pengasihan. Karena itulah banyak orang yang datang ke sendang dengan beragam tujuan. Misalnya, perempuan yang sial jodoh, harapannya segera bisa bertemu pasangannya.

Tidak hanya dipercaya membawa pengasihan, air di Sendang Kasihan juga konon membuat untuk awet muda. Sebab, kondisi fisik air sendang ini ternyata cukup bagus. Bahkan pernah diteliti oleh para ahli.

Misteri Situs Kedungboto, Batu Berundak yang Pernah Jadi Petilasan Wali Songo

“Pernah dicek dari UGM, UIN, pH-nya 7, bagus. Terus ada tamu sendang itu dia mengelola air minum juga punya alatnya dicek. Dia turun jam 04.00 WIB, siangnya coba iseng ngetes, habis ngetes telepon saya, mas airnya sendang bagus sekali pH-nya 8. Jadi secara fisik bagus kandungan mineralnya tinggi keasamannya rendah,” cerita Yudi.

Bahkan ada beberapa pejabat dan artis yang dipercaya pernah datang ke sendang ini. Mereka ingin membuktikan khasiat dari Sendang Pengasihan sehingga datang jauh-jauh ke tempat tersebut.

“Tokoh-tokoh banyak yang pernah datang. Paramitha Rusady 4 kali ke sini, Dian Sastro, Nicholas Saputra, banyak tokoh-tokoh. Dari Batam, Kalimantan Barat. Pejabat banyak, dulu waktu sebelum saya di sini, keluarga Pakualam, keluarga Mangkunegaran, HB IX, HB VIII banyak,” tambahnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini