Mengenal Kim VVUP, Idol KPop Berbakat Jebolan The Voice Kids Indonesia

Mengenal Kim VVUP, Idol KPop Berbakat Jebolan The Voice Kids Indonesia
info gambar utama

Beberapa waktu lalu, sosial media dihebohkan dengan video pre-debut salah satu member dari girl group KPop VVUP. Dalam video tersebut, menampilkan saat ia berduet dengan salah satu penyanyi religi kondang asal Indonesia, yaitu Opick. Setelah ditelusuri, remaja dalam video itu adalah Kim VVUP, yang ternyata berasal dari Jakarta.

Kimberley Fransa Salim atau yang kini lebih akrab disapa Kim VVUP merupakan gadis asal Indonesia yang telah meniti kariernya di industri musik sejak masih belia. Menyusul Dita Karang dan Zayyan yang telah lebih dulu debut sebagai idol di Korea Selatan, Kimberley akan resmi debut di VVUP tanggal 1 April mendatang dengan single album berjudul Locked On.

Denden Gonjalez, Penyanyi Rock Asal Bandung yang Memukau Panggung The Voice Bulgaria

Dalam grup asal EgoEnt tersebut, ia menduduki posisi sebagai vokalis utama.

Jebolan Dari Ajang Pencarian Bakat di Indonesia

Siap menjadi idol KPop, ternyata Kim VVUP memulai kariernya dari ajang pencarian bakat menyanyi. Tak hanya satu, ia bahkan pernah mengikuti 3 program yang berbeda, lho! Di umurnya yang baru 10 tahun atau pada 2016 lalu, Kim berhasil lolos audisi untuk program Indonesian Idol Junior 2 di RCTI. Sayangnya dalam acara tersebut, ia tak bisa bertahan pada babak penyisihan.

Namun Kimberley tak putus asa, setahun kemudian ia kembali mengikuti ajang pencarian bakat yang kali ini diadakan oleh GTV berjudul The Voice Kids Indonesia 2. Namanya mulai dikenal luas setelah ia berhasil menduduki juara ketiga dalam babak grand final di acara tersebut. Tak puas dengan pencapaiannya, gadis cantik kelahiran 3 Juni 2006 ini juga mengikuti kompetisi The Indonesian Next Big Star. Di acara tersebut, Kim berhasil menyabet juara kedua.

Kim VVUP Telah Memiliki Beberapa Lagu Solo

Sebelum menjadi trainee dan debut bersama VVUP, Kimberley sudah terlebih dahulu terjun di blantika musik Indonesia. Pada 22 Februari 2019, ia resmi debut sebagai penyanyi dengan menyandang nama panggung KIM!. Debutnya tersebut ditandai dengan dirilisnya single berjudul Shine yang juga berkolaborasi dengan Willy Winarko untuk mengisi bagian rap-nya.

Di tahun 2020, Kim VVUP menjadi satu-satunya penyanyi asal Indonesia yang terpilih untuk menyumbangkan suaranya di album Voices For Change Vol. 1 yang merupakan proyek dari label musik asal Amerika Serikat bernama EMPIRE. Dalam album kompilasi tersebut, Kim merilis lagu berjudul Never Break Me Down yang merupakan ajakan untuk bersuara bagi orang-orang yang menghadapi ketidakadilan.

Setelah merilis beberapa single, pada 8 Oktober 2021 Kim akhirnya merilis album pertamanya sebagai penyanyi solo di bawah naungan label Empire. Album bertajuk Cute Little Savage Vol. 1 tersebut berisikan 11 lagu yang bertemakan tentang kehidupan remaja seperti cinta pertama, patah hati, persahabatan, dan bullying.

Deretan Lagu Indonesia Terpopuler di Spotify Sepanjang 2023, Penyanyi Solo Mendominasi

Kimberley sukses memamerkan range vokalnya dengan menelurkan lagu-lagu ber-genre pop, R&B, dan Hip-Hop di dalam album ini.

Tak hanya merilis lagunya sendiri, Kimberley juga sering menyanyikan lagu penyanyi lain dan mengunggahnya di sosial media. Namun seperti rookie KPop pada umumnya, Kim VVUP telah menghapus akun Instagram, dan kini hanya tersisa 3 video cover yang ada di YouTube-nya.

Paket Lengkap, Kim VVUP Memiliki Banyak Bakat

Menjadi idol KPop, tentunya Kim VVUP juga harus jago menari. Hal ini telah dibuktikannya di berbagai program musik ketika ia dan grupnya tampil menyanyikan single pre-debut mereka.

Mencoba mengasah kemampuan acting, pada tahun 2017 Kim pernah membintangi sebuah FTV SCTV berjudul Karate Untuk Emak. Kim juga memiliki bakat dalam dunia presenting, di tahun 2018 gadis tersebut ditunjuk untuk menjadi co-host di program The Voice Kids Indonesia 3. Main vocal VVUP ini pun bisa memainkan alat musik seperti gitar dan piano.

Tak hanya berbakat dalam bidang seni, gadis berusia 18 tahun ini juga ternyata pintar dalam hal akademik. Kimberley pernah berpartisipasi dalam beberapa olimpiade matematika di luar negeri dan juga menjadi juara di kompetisi mengeja dalam Bahasa Inggris.

Meski baru akan debut 1 April nanti, VVUP sudah malang melintang memamerkan kemampuan mereka di berbagai program musik Korea Selatan, lho! Hal ini bisa terjadi karena mereka telah terlebih dahulu merilis single pre-debut berjudul Doo Doom Chit pada 13 Maret 2024 lalu. Siapa yang gak sabar menunggu Kim debut bersama VVUP?

Lyodra Ginting, Penyanyi Muda yang Bertalenta dan Menginspirasi

Sumber :

  • https://kprofiles.com/vvup-members-profile/
  • https://nsgmusic.com/2020/09/23/kim/
  • https://www.facebook.com/therealkimberley
  • https://nsgmusic.com/2021/10/08/kim-cute-little-savage-vol-1/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/The_Voice_Kids_Indonesia
  • https://id.wikipedia.org/wiki/The_Indonesian_Next_Big_Star#Musim_Pertama_(2022)
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesian_Idol_Junior_(musim_2)
  • https://www.youtube.com/@KimberleySings
  • https://id.wikipedia.org/wiki/The_Voice_Kids_Indonesia_(musim_ketiga)
  • https://www.vidio.com/watch/746581-ftv-sctv-karate-untuk-emak
  • https://twitter.com/starfess/status/1771685265515434330

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini