Pantai Gunung Kidul Punya Cerita, Ini Rekomendasi Pantai Yogyakarta yang Tidak Biasa

Pantai Gunung Kidul Punya Cerita, Ini Rekomendasi Pantai Yogyakarta yang Tidak Biasa
info gambar utama

Deretan Pantai Selatan, Yogyakarta selalu menjadi destinasi wisata unggulan. Laut Pantai Selatan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia menyuguhkan panorama yang mengesankan nan menawan.

Pantai Selatan Jawa memiliki pemandangan yang khas dengan air laut berwarna biru. Biasanya ombak di pantai selatan cenderung lebih besar dan tinggi dibandingkan Pantai Utara Jawa. Hal ini dipengaruhi oleh letak pantai selatan yang berbatasan dengan laut lepas Samudera Hindia.

Keunggulannya, pantai selatan Jawa memiliki pasir yang lebih putih dan bersih.

Pantai selatan Jawa yang terkenal dengan keeksotisannya banyak berada di Yogyakarta. Di Yogyakarta, pemandangan biru pantai dikombinasikan dengan hijaunya pepohonan tebing yang ditawarkan menjadi daya tarik utama para wisatawan.

Pantai-pantai apik di Yogyakarta tersebar di tiga Kabupaten: Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunung Kidul bagian selatan. Dari tiga kabupaten tersebut, letak Kabupaten Gunung Kidul merupakan yang paling jauh dari titik nol Yogyakarta. Jaraknya mencapai 56 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam.

Untuk dapat menjelajahi pemandangan alam di kawasan Yogyakarta, berikut rekomendasi pantai antimainstream di Gunung Kidul Yogyakarta yang dapat membuatmu terkagum-kagum.

Pak Abadi, Dapat Hadiah Umrah dari Hasil Kumpulkan Sampah di Pantai

Pantai Ngobaran, Vibes Bali

Pantai Ngobaran © Merapi Adventure
info gambar

Jika Kawan menginginkan pantai di daerah Jawa yang memiliki suasana seperti Bali, Pantai Ngobaran jawabannya. Pantai Ngobaran memiliki daya tarik yang khas, yakni menawarkan vibes seperti di Bali.

Suasana tersebut tercipta karena banyaknya arca yang berada di sekitar pantai. Mayoritas masyarakat sekitar pantai Ngobaran menganut kepercayaan Hindu, sehingga tidak heran jika banyak bangunan yang bercorak Hindu yang identik.

Faktor itulah yang menjadikan nuansa pantai Ngobaran mirip dengan pantai-pantai di Bali.

Pantai Ngobaran juga menjadi saksi keragaman dan toleransi kepercayaan di daerah tersebut. Kawan dapat menemukan Pura sebagai tempat peribadatan penganut agama Hindu, masjid yang merupakan tempat ibadah penganut Islam, dan patung dewa agama Budha.

Pantai Ngobaran terletak di Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jarak pantai ini dari pusat kota Yogyakarta sekitar 65 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Kawan hanya merogoh kocek 3.000 rupiah untuk parkir sepeda motor atau 10.000 rupiah untuk parkir mobil dan tiket masuk 5.000 rupiah.

Di Pantai Ngobaran juga tersedia banyak jasa foto menggunakan kamera profesional sehingga akan menambah ciamik hasil fotomu.

5 Daya Tarik Pantai Ngobaran Gunung Kidul, Wisata Alam yang Bertabur Arca

Pantai Siung, Tawarkan Jalur Panjat Tebing

Pantai Siung © Traveloka
info gambar

Pantai Siung identik dengan keberadaan tebing di sekitar pantai. Di Pantai Siung, Kawan tidak hanya menikmati pantai, tetapi juga dapat melakukan panjat tebing. Pantai tersebut telah memiliki 250 jalur panjat tebing berstandard internasional.

Batu karang raksasa yang berada di sisi barat dan timur menjadi keunikan tersendiri bagi Pantai Siung. Menurut warga setempat, keberadaan karang di Pantai Siung identik dengan legenda masa lalu.

Batu karang di pantai tersebut disebut mirip dengan gigi kera atau siung wanara. Dari situlah nama Pantai Siung tercipta. Jika beruntung, Kawan GNFI juga dapat melihat secara langsung kera ekor panjang di sekitar pantai saat suasana sepi atau pada malam hari.

Pantai Siung berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh untuk mencapai pantai tersebut jika dari kawasan titik nol Yogyakarta ialah 70 km atau membutuhkan waktu perjalanan sekitar hampir 2 jam.

Tiket masuk pantai Siung relatif murah hanya 5.000 rupiah. Akan tetapi, di tiap pos pendakian untuk mencapai bukit akan dikenakan retribusi sebesar 2.000 rupiah. Sedangkan biaya parkir motor dikenakan sekitar 2.000 dan parkir mobil dikenakan 5.000 rupiah.

Pantai Siung Gunung Kidul - Pantai yang Menawarkan Ratusan Area Panjat Tebing

Pantai Timang, Kereta Gantung Sebrangi Laut Selatan

Pantai Timang © Simasinsurtech
info gambar

Jika Kawan menginginkan pantai yang antimainstream, Pantai Timang Gunung Kidul dapat menjadi opsi. Pantai Timang merupakan destinasi wisata pantai yang terbilang cukup baru dan menjadi hidden gems. Keberadaan pantai ini baru terekspos beberapa tahun belakangan.

Di Pantai Timang, Kawan dapat memacu adrenalin dengan menaiki kereta gantung (gondola). Kereta gantung tersebut dijadikan sebagai transportasi ketika wisatawan ingin ke Pulau Panjang. Hal yang paling menantang saat menyeberang ke Pulau Panjang ialah gelombang ombak yang kencang dan tinggi sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri.

Pulau Panjang merupakan pulau kecil di tengah laut yang terbuat dari gugusan batu. Batu di Pulau Panjang itu menjadi rumah bagi para lobster sehingga populasi hewan tersebut begitu melimpah.

Pantai Timang terletak di di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta atau sekitar 71 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Harga tiket di Pantai Timang hanya sekitar 5.000 per orang. Untuk menaiki kereta gantung di Pantai Timang, harga yang dikenalan cukup mahal, sesuai dengan pengalaman yang didapatkan, yakni 150 ribu untuk wisatawan lokal dan 225 untuk wisatawan mancanegara.

Selain itu, untuk mencapai Pantai Timang, wisatawan harus menggunakan mobil jeep yang telah disediakan dengan biaya sekitar 350 ribu rupiah, mengingat medan untuk mencapai pantai dipenuhi oleh bebatuan tajam.

9 Fakta dan Daya Tarik Pantai Timang Gunung Kidul: Wisata Jogja bagi Penyuka Tantangan

Pantai Baron, Melihat Pemandangan Lewat Mercusuar

Pantai Baron © Dijogja
info gambar

Pantai Baron memiliki pemandangan yang tidak kalah unik. Pantainya berbentuk huruf “U” dengan diapit gundukan karang di kedua sisinya. Bahkan, di sisi barat terdapat aliran sungai air tawar yang bermuara ke pantai tersebut.

Sementara itu, di sisi timur Kawan akan melihat bangunan berwarna putih yang menjulang. Bangunan tersebut merupakan mercusuar yang digunakan sebagai pemandu kapal yang tengah melintas.

Pengunjung dapat menikmati keindahan sekitar pantai melalui mercusuar dengan membayar tiker sebesar 5.000 rupiah.

Hal menarik lainnya ialah pengunjung dapat melihat para nelayan yang beraktivitas mencari ikan karena Pantai Baron menjadi habitat para ikan.

Untuk tiket masuk ke Pantai Baron, wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebesar 10.000 rupiah yang sekaligus menjadi tiket terusan untuk mencapai Pantai Krakal dan Pantai Kukup.

Berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, jarak ke Pantai Baron dari pusat Kota Yogyakarta hanya sekitar 37 kilometer.

Menyusuri Pesona Indah Pantai Baron di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sadeng, Sisa Sungai Bengawan Solo Bermuara

Pantai Sadeng © Griya Wisata
info gambar

Pantai Sadeng dahulu kala merupakan tempat aliran Sungai Bengawan Solo bermuara. Akan tetapi, saat terjadi proses geologi ketika Lempeng Australia menghujam ke bawah Pulau Jawa, arus sungai tersebut akhirnya berbalik menuju ke arah utara.

Saat ini, sisa sisa aliran Sungai Bengawan Solo dapat ditemukan di Telaga Suling. Hal yang identik dengan Pantai Sadeng ialah keberadaan dua bukit kapur yang menjulang. Di tengah dua bukit tersebut, dijadikan sebagai ladang palawija karena kualitas tanah yang subur.

Pantai Sadeng menambah cerita dengan adanya pelabuhan perikanan. Melihat aktivitas nelayan di sana membuat suasana semakin kental dengan masyarakat pesisir sesungguhnya.

Sama seperti pantai di Gunung Kidul kebanyakan, tiket untuk memasuki Pantai Sadeng hanya sekitar 5.000 rupiah. Untuk biaya parkir, sepeda motor dikenakan 5.000 rupiah sedangkan mobil 10.000 rupiah.

Pantai Sadeng berlokasi di Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 83 kilometer dari pusat Yogyakarta.

Pantai Sadeng: Destinasi Wisata Pantai di Yogyakarta yang Nggak Boleh Dilewatkan

Pantai Jogan, Kombinasi Air Terjun dan Laut Biru

Pantai Jogan © Atourin
info gambar

Pantai Jogan termasuk pantai yang cukup kaya. Pantai Jogan diapit oleh Pantai Nglambor dan Pantai Siung di sisi timur, dan Pantai Timang di sisi sebelah barat.

Selain itu, Pantai Jogan juga memiliki air terjun yang menambah daya tarik wisata, yang dikenal sebagai Air Terjun Pengantin.

Pantai Jogan berbeda dengan pantai kebanyakan karena pantai tersebut tidak memiliki hamparan pasir putih. Pantai Jogan identik dengan tebing-tebing yang indah dan megah.

Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul atau sekitar 71 kilometer dari kota Yogyakarta.

Pantai Jogan Gunung Kidul - Kerjasama Air Terjun dan Hamparan Laut Biru

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini